Prakiraan Cuaca Kota Ambon Masih Akan Diguyur Hujan

oleh -280 views
Suasana pusat Kota Ambon dilihat dari ketinggian. -dokumen-

suaramaluku.com – Kota Ambon dan sekitarnya masih akan terus diguyur hujan pada hari Senin (20/6/2022) dengan intensitas ringan dan sedang.

Data tersebut sesuai dengan informasi prakiraan cuaca atau ramalan cuaca di seluruh wilayah Indonesia, seperti disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berlaku hari Senin (20/6/2022).

Menuju pertengahan bulan Juni 2022, sejumlah wilayah di Indonesia kini dilanda hujan, baik intensitas ringan hingga lebat dan petir.

Untuk Kota Ambon sekitarnya sesuai informasi BMKG, pada Senin di pagi hari akan terjadi hujan ringan, siang nya hujan ringan. Sedangkan malamnya hujan sedang dan pada dinihari cuaca berawan.

Sebagaimana terjadi, kota Ambon dan sekitarnya sejak Sabtu tengah malam (18/6/2022) hingga Minggu malam (19/6/2022) terus diguyur hujan sedang hingga lebat, disertai guntur dan petir.

Data yang dihimpun, akibatnya menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Ambon, terendam banjir dan juga tanah longsor di beberapa kawasan.seperti di Negeri Soya dan di Kopertis RT 003 RW 07.. Longsor menimpa rumah keluarga Petrus Sahertian.

Longsor juga terjadi di kawasan Karangpanjang dan Manggadua RT 001/RW 002 serta di sungai Wayori Passo talud patah.

Sementara itu, banjir juga terjadi di beberapa wilayah seperti Ahuru, Batumerah, Skip, Tanah Tinggi dan Ponegoro serta lainnya. Beberapa jalan dalam kota Ambon juga sempat terendam air.

Sekretaris BPBD Kota Ambon, Eva Tuhumury dalam rilisnya kepada pers, menjelaskan, Pemerintah Kota Ambon langsung memberikan bantuan terpal, gerobak, sekop dan karung di beberapa lokasi yang alami banjir dan longsor.

Selain itu, dampak cuaca buruk di Ambon juga berimbas pada tranportasi udara. Dimana lima jadwal penerbangan yang harusnya mendarat (landing) di Bandara Pattimura pada Minggu pagi, akhirnya batal mendarat dan dialihkan pendaratannya ke beberapa bandara terdekat seperti Makassar, Bau Bau dan Sorong.

Pesawat baru bisa landing di Bandara Pattimura pada Minggu sore setelah kondisi cuaca mulai membaik dan tidak bahayakan keselamatan penerbangan.

“Lima pesawat yang sempat batal mendarat, kini sudah mendarat di Bandara Pattimura Ambon,” ujar Humas PT Angkasa Pura I Cabang Ambon, Aditya Narendra kepada media, Minggu (19/6/2022). (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.