204 Tahun Perjuangan Martha Christina Tiahahu , Danlantamal IX Pimpin Upacara Tabur Bunga

oleh -1,067 views
Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T saat menabur bunga di laut memperingati perjuangan Martha Christina Tiahahu ke-204, Senin (3/1/2022). Foto: Humas Lantamal IX Ambon

suaramaluku.com – Upacara tabur Bunga peringatan perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ke-204 Tahun (2 Januari 1818 – 2 Januari 2022), dilaksanakan di di Dermaga Irian Lantamal IX, Halong, Ambon. Senin, (03/01/2022).

Komandan Lantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T.  bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Adapun tema peringatan tahun ini adalah “Dengan Semangat Juang Martha Christina Tiahahu Kita Wujudkan Perempuan Maluku yang Maju dan Cerdas”. Bertempat di Dermaga Irian Lantamal IX Halong Ambon. Senin, (03/01/2022).

Martha Christina Tijahahu adalah seorang gadis dari Negeri Abubu di Pulau Nusalaut. Lahir sekitar tahun 1800 dan pada waktu mengangkat senjata melawan penjajah Belanda berumur 17 tahun.

Dalam perjuangannya, Martha Christina Tijahahu berperan dalam pertempuran melawan belanda di pulau Saparua tepatnya didesa Ouw, Ullath. Di tengah keganasan pertempuran itu, Martha memberikan Pekikan semangat kepada pasukan Nusalaut untuk menghancurkan musuh.

Berkat pengorbanannya tersebut, pemerintah Maluku membuat monumen untuk mengenang jasa Martha Christina Tijahahu.

BACA JUGA:

Monumen Martha Christina Tijahahu menjadi bukti sejarah keberanian wanita maluku dalam membela tanah air tercinta. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pendahulu, dengan begitu semangat membangun bangsa dan cinta tanah air akan tetap utuh.

Tabur bunga merupakan tradisi sekaligus simbol yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Dan yang terpenting sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita wajib terus mewarisi semangat dan nilai-nilai kejuangan yang telah diberikan para pahlawan yang telah mendahului.

Hadir dalam Upacara Tabur Bunga peringatan perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu ke-204 Danguspurla III, Wadan Lantamal IX, Kadispora Prov Maluku, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Prov Maluku, dan Kabid pelayanan Kominfo Maluku.

Selain itu, para Asisten Danlantamal IX, Undangan dari Instansi terkait, Ketua Korcab IX DJA III, Perwakilan Pengurus Korcab IX DJA III, Para bintara, tamtama dan ASN TNI-Polri. (m-13)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.