Lopulisa dan Toisuta, Dua Putra Maluku yang Pernah Jabat Pangkostrad

oleh -368 views

suaramaluku.com – Jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad) sudah dua bulan lebih kosong, setelah Jenderal TNI Dudung Abdullah diangkat sebagai Kepala Staf TNI AD (KSAD).

Kini beberapa nama perwira tinggi disebut jadi kandidat untuk menjabat Pangkostrad yang ke-43. Mereka diantaranya kini sebagai Panglima Kodam (Pangdam).

Sedikitnya ada empat nama yang diprediksi sebagai calon kuat Pangkostrad. Yaitu Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (Pangdam Udayana), Mayjen TNI Agus Subiyanto (Pangdam Siliwangi).

Serta Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso (Pangdam Mulawarman) dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (Pangdam Kasuari)

Nah, dari 42 orang yang pernah menjabat Pangkostrad ada beberapa yang kemudian menjadi pemimpin bangsa ini seperti Jenderal Purn Soeharto (Presiden RI ke 2) dan Umar Wirahadikusumah (Wakil Presiden). Keduanya Pangkostrad I dan Ii.

Nama-nama beken lain yang pernah jabat Pangkostrad seperti Poniman, Rudini, Wismoyo Arismunandar, Wiranto, Prabowo Subianto, Johny Lumintang, Ryamizard Ryacudu, Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa dan lainnya.

DUA PUTRA MALUKU

Sementara itu, dari 42 Pangkostrad ada dua orang putra terbaik Maluku yang pernah menjabat panglima satuan elit TNI AD tersebut.

Keduanya adalah.Letjen TNI Purn almarhum Leo Lopulisa dan Jenderal TNI Purn almarhum George Toisuta.

Leo Lopulisa menjadi Pangkostrad ke-9 yang menjabat periode 1975 – 1978. Ia juga tercatat pernah menjadi Panglima Kodam II/Bukit Barisan.

Selain itu, juga Panglima Kowilhan III/Sulawesi-Kalimantan periode 1978—1981 dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina periode 1981—1983.

Sedangkan, George Toisutta merupakan Pangkostrad ke-30. Ia menjabat periode 13 November 2007 hingga 17 February 2010.

Sesudah menjabat Pangkostrad, George Toisuta kemudian dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Kepala Staf TNI AD periode 2009 – 2011.

Sebelumnya, Toisuta menjabat Panglima Divisi 1/Kostrad, Pangdam XVII/Trikora dan Pangdam III/Siliwangi.

Leo Lopulisa meninggal di Jakarta pada 14 September 2009 (umur 82 tahun). Sedangkan George Toisuta meninggal pada 12 Juni 2019 (umur 66 tahun). (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.