BP2KTI Hadir Untuk Menjawab Kesenjangan Pembangunan Antar Kawasan

oleh -9,433 views

Tak kenal maka tak sayang. Itulah peribahasa tua yang masih diingat masyarakat. Dalam kaitan itu, tulisan ini ingin mengulas ringkas soal Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia (BP2KTI)

Menurut Dr William Louhenapessy sebagai Tim Kerja BP2KTI, lembaga tersebut didirikan 1 Juni 2021, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. BP2-KTI dibentuk berdasarkan beberapa pemikiran.

“Yakni Kawasan Timur Indonesia (KTI) merupakan kawasan yang sangat potensial secara ekonomi berdasarkan sumberdaya alam yang dimiliki. KTI adalah bagian terintegerasi secara nasional; dan KTI supporting bagi seluruh wilayah Indonesia,” ujar William Louhenapessy kepada media ini, Selasa (18/1/2021).

Dijelaskan, dasar pembentukan BP2-KTI yakni mengingat tingginya disparitas pembangunan antara wilayah Barat dan Timur Indonesia baik dalam aspek ekonomi, sosial maupun budaya, sebagai akibat pemanfaatan sumberdaya yang tidak efisien dan tidak efektif membawa KTI pada posisi yang kurang menguntungkan.

Juga pengelolaan keuangan daerah yang hanya mengejar serapan anggaran tinggi tanpa pertimbangan perencanaan pembangunan yang bersifat menyeluruh, efisien, dan tepat sasaran. Perencanaan yang tidak efisien, boleh jadi sebagai akibat dari konsep perencanaan yang tidak berbasis Government Entrepreneurship.

Upaya mempersempit kesenjangan antara KBI dengan KTI, adalah dengan jalan melakukan percepatan pembangunan KTI, pada saat yang sama adanya usaha pemindahan ibukota negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan, bukanlah sebuah hal yang kebetulan semata. Namun, ini sebuah peluang bisnis untuk tingkatkan keserasian laju pertumbuhan di semua sektor antar daerah, dan persempit kesenjangan antar pulau dan kepulauan.

Atas dasar itu, dibutuhkan lembaga yang berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam mendorong Percepatan Pembangunan KTI. Maka para inisiator berkumpul membahas, merumuskan, lalu menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebuah lembaga yang diberi nama Badan Percepatan Pembanguna Kawasan Timur Indonesia (BP2-KTI).

No More Posts Available.

No more pages to load.