Warga di Negeri Wakal Pulau Ambon Rayakan Idul Fitri Lebih Awal

oleh -351 views
Suasana sholat Idul Fitri di mesjid Negeri Wakal, Sabtu (30/4/2022). -dokumen rri-

suaramaluku.com – Tradisi beberapa masyarakat negeri atau desa di Pulau Ambon dan lainnya di Maluku terutama yang mayoritas beragama Islam, melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan dan juga sholat Idul Fitri lebih awal sudah terjadi turun temurun seperti pada negeri-negeri di jasirah Leihitu, Salahutu maupun di Pulau Haruku.

Contohnya. Sebagian besar warga muslim di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Pulau Ambon bagian utara yang masuk wilayah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu (30/4/2022) pagi, sudah melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah 1443 H/2022 M lebih awal.

Sholat merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1443 Hijriah setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadan itu, dipusatkan di Masjid Raya Nurul Awal negeri tersebut.

Itu berarti pelaksanaan sholat Idul Fitri di Negeri Wakal, dua hari lebih cepat dari yang ditetapkan pemerintah secara nasional, yang baru akan menggelar sholat Ied pada Senin (2/5/2022).

“Kita berpuasa 1 Ramadan sejak 31 Maret 2022 lalu. Artinya sudah 30 hari penuh kita melaksanakan puasa. Hari ini kita rayakan hari kemenangan 1 Syawal 2022 hijriah,” kata (Kepala Desa (Raja) Negeri Wakal, Ahaja Suneth kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Suneth akui, meski Wakal sudah laksanakan sholat ied, tapi masih ada sebagian warga lainnya yang belum. Mereka mengikuti 1 Ramadan yang ditetapkanĀ  pemerintah pusat.

“Sebagian warga lain belum sholat Ied. Nanti mereka nanti sholat di masjid negeri-negeri tetangga,” ujarya

Pantauan wartawan, sholat Ied di Negeri Wakal dimulai pukul 08:00 WIT dan dipimpin imam masjid Wakal, Kasim Tahapary, dengan makmum khatib Ahmad Samal dan Hj Taher Lewaru.

No More Posts Available.

No more pages to load.