Sertijab Bupati Tanimbar Kepada Penjabat Dihadiri Wagub Barnabas

oleh -18 views

suaramaluku.com – Wakil Gubernur (Wagub) Barnabas Nathaniel Orno datang ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) untuk menghadiri dan menyaksikan Rapat Paripurna Serah Terima Jabatan atau Sertijab Bupati KKT periode 2017 – 2022 Petrus Fatlolon, kepada Penjabat Bupati KKT Daniel E. Indey, di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten KKT, Kamis (2/6/2022).

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutan tertulisnya pada Sertijab Bupati KKT ini, yang disampaikan Wagub Barnabas, menegaskan beberapa hal penting kepada Penjabat Bupati.

Pertama, tugas Penjabat Bupati sebagaimana diamanatkan dalam keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Pengangkatan Penjabat Bupati, cukup luas dan komprehensif.

Hampir seluruh kewenangan kepala daerah, kata Gubernur Murad,  menjadi wilayah kewenangan Penjabat Bupati, namun demikian ada pembatasan melalui fungsi evaluasi oleh pemerintah di atasnya.

“Oleh sebap itu, saya mintakan kepada saudara Penjabat Bupati, untuk bekerja sungguh-sungguh. Temu-kenali apa saja masalah prioritas masyarakat, apa saja tantangan daerah ini, kemudian rumuskanlah solusi yang tepat serta lakukan pembenahan sesuai ketentuan yang berlaku. Saya percaya komitmen saudara berbuat yang terbaik untuk masyarakat Tanimbar,” tandas Gubernur Murad.

Ia juga meminta pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk mendukung penuh tugas Penjabat Bupati dengan arif dan bijaksana, sambil tetap menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan secara baik.

“Dukungan yang sama juga dari Forkopimda, birokrasi, Lembaga Yudikatif, instansi vertikal, TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dn semua pemangku kepentingan dan masyarakat,” pintanya.

Kedua, lanjut Gubernur Murad, tugas sebagai kepala daerah adalah 2 + 1 menjadi tiga yaitu, menurunkan angka kemiskinan, mensejahterakan masyarakat, serta menjaga kelestarian sumber daya alam, agar dapat dinikmati oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

“Untuk itu, saya mintakan kerja keras saudara penjabat bupati guna meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, sosial, pembangunan infrastruktur dan perumahan sebagai urusan-urusan wajib yang bersifat pelayanan dasar,” ujarnya.

Ketiga, Gubernur Murad meminta penjabat bupati segera melakukan konsolidasi internal terhadap jajaran birokrasi untuk mendorong agar bekerja lebih efektif, efisien, inovasi dan ber-kinerja. Rangkul semua sumber daya ASN yang ada, kemudian identifikasi dan benahi kekurangan-kekurangan yang ada.

Selain itu, tempatkan pejabat dengan memegang prinsip dasar the right man, on the right job. Lakukan perubahan mindset para ASN sebagai pelayan masyarakat dan bukan penguasa atas masyarakat.

“Oleh sebab itu, mereka harus bekerja dengan lebih tulus hati, tidak sesuka hati dan berhati-hati,” imbau Gubernur.

Keempat, tanggungjawab penjabat bupati terhadap pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 harus dijalankan secara akuntabel, sistematis dan terukur, sehingga mampu menjaga kontinuitas dan keseimbangan dari sisi pendapatan dan belanja.

“Pastikan bahwa berbagai masalah tata Kelola keuangan maupuna administrasi pemerintahan yang belum tertangani selama ini, segera saudara tindak lanjut, tentu saja melalui komunikasi, koordinasi dan kolaborasi bersama mitra kerja sejajar, yakni yang terhormat pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten KKT,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Murad melalui Wagub Barnabas, juga menyampaikan selaku pemerintah pusat di daerah, mengucapkan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas ajasa-jasa dan dedikasi yang ditunjukan oleh Bupati dan Wakil Bupati KKT masa jabatan 2017-2022, saudara Petrus Fatlolon dan Saudara Agustinus Utuwaly.

“Dan kepada Penjabat Bupati KKT, saudara Daniel E Indei, saya menyampaikan ucapan selamat bertugas dan berkarya, juga kepada Ibu An Indey, selaku pejabat Ketua TP PKK KKT,” pungaksnya.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.