,

Setelah 401 Tahun, Lewat Muhibah Jalur Rempah Rombongan Banda Eli Tiba di Banda Neira

oleh -262 views
Penjemputan rombongan basudara Wandan di Pelabuhan Banda Neira, Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (16/6/2022). -dok. muhibah budaya jalur rempah-

suaramaluku.com – Sekitar 150 orang Banda Eli yang berhimpun dalam rombongan Basudara Wandan, yang bertolak dari Pelabuhan Tual menggunakan Kapal Pelni KM Ngapulu, akhirnya tiba di Pelabuhan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (16/6/2022) pukul 06:45 WIT.

Ini menjadi catatan sejarah, bahwa setelah 401 tahun, sejak leluhur orang Banda Eli/Wandan terusir dari Kepulauan Banda akibat ulah Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda, hari ini anak cucunya kembali hadir di tanah ini.

Ada haru dan air mata, begitu rombongan Raja Wandan, Haji Udin Latar dan para sesepuh masyarakat Banda Eli serta Anggota DPRD Maluku Amir Rumra dan ratusan warga menjejakkan kaki di pelabuhan Banda Neira.

Kehadiran mereka untuk melakukan napak tilas sejarah, sekaligus menjalin tali silaturahmi serta mempererat hubungan kekerabatan “Orang Basudara” dengan saudaranya yang menetap di Banda ini.

Rombongan ini adalah keturunan langsung dari sekitar 300 orang asli Kepulauan Banda yang selamat dari pembantaian VOC Tahun 1621.

No More Posts Available.

No more pages to load.