Bentrok Pemuda di Tual, Empat Orang Luka Termasuk Wakapolres

oleh -192 views
Suasana bentrokan antar pemuda di Kota Tual, Maluku. -dokumen-

suaramaluku.com – Bentrokan antar pemuda di Kota Tual, Provinsi Maluku yang terjafi pada Jumat malam (15/7/2022) hingga Sabtu pagi (16/7/2022), mengakibatkan empat orang terluka. Dua orang warga dan dua anggota piolisi setempat.

Dari data dan informasi Polres Tual melalui Kasat Intelkam yang diterima media ini, dua orang anggota polisi itu adalah Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Tual, Kompol Syahrul Awab S.Sos S.I.K (luka panah pada bagian selah paha sebelah kanan).

Satu lainnya yaitu Bripda Ilham Akbar( (Satuan Samapta Unit Dalmas Polres) yang mengalami luka pada pada bagian kening sebelah kanan.

Dalam laporan tersebut, dijelaskan bentrokan terjadi antaran kelompok pemuda Kompleks SKB Un Tual dan Kompleks Wearhir di depan Alfa Midi perempatan Wearhir jalan Dr J. Laimena Kelurahan Ketsoblak Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual.

Kronologis kejadiannya berawal yakni pada pukul 11.35 WIT, dua pemuda SKB Un Tual bergoncengan dengan gunakan motor diduga sudah keadaan mabuk (konsumsi minuman keras) melakukan pelemparan dua botol Bir dan melepaskan panah Wayer (sajam) ke arah kompleks Wearhir atas.

Selanjutnya, sekitar pukul 00.25 WIT, kelompok pemuda Wearhir keluar dari rumah masing-masing dengan gunakan batu dan Sajam (panah-panah Wayer dan busur) melakukan aksi serangan balasan ke arah kompleks SKB Un Tual.

Sekitar pukul 00.30 WIT, terjadinya kosentrasi massa dari kedua kelompok pemuda dengan aksi saling serang dengan batu dan panah-panah Wayer yang melibatkan pemuda kelompok SKB, Un Pasar Malam, pemuda Un Wartel dan pemuda Desa Taar dengan kelompok pemuda Wearhir, Kiom Bawah, kompleks Banda Ely dan Jalan Pattimura Tual.

Lalu pada pukul 00.35 WIT, personil piket SPKT, Piket Fungsi dan Tim KRYD Polres Tual, dan Personil Sat Samapta Unit Dalmas Polres Tual mendatangi TKP dengan tujuan melerai kedua kelompok pemuda tersebut dengan melepaskan tembakan gas air mata.

Berikutnya pukul 02.45 WIT, Wakapolres Tual turun mendatang TKP, guna dapat melerai kedua massa kelomlok pemuda tersebut. Namun bentrokan kedua kelompok pemuda masih berlangsung hingga pukul 02.50 WIT.

Untuk meredakan situasi, maka Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko SIK mendatangi TKP dan melakukan negosiasi terhadap kedua kelompok pemuda yang lagi bentrok untuk bubarkan diri ke rumah masing-masing. Kemudian pukul 04.00 WIT situasi dapat dikendalikan.

Sebelumnya, pukul 00.35 WIT, personil piket SPKT, Piket Fungsi dan Tim KRYD Polres Tual, dan Personil Sat Samapta Unit Dalmas Polres Tual mendatangi TKP dengan tujuan melerai kedua kelompok pemuda tersebut dengan melepaskan tembakan gas air mata.

Bentrokan kedua kelompok pemuda tersebut sudah sering terjadi yang libatkan massa dari kelompok pemuda lainya sehingga permasalahan sering terjadi berkepanjangan dan tidak berujung berakhir.

Pihak Polres Tual kini siaga antisipasi akan terjadinya bentrok susulan, karena terdapat kerugian personil dari kelompok pemuda Desa Taar dan kelomlok pemuda kompleks SKB Un Tual.

Polisi juga sedang menelusuri adanya peran penting pihak tertentu dalam permasalahan yang terjadi. (AU/NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.