FK Unpatti Ambon Lantik dan Ambil Sumpah Empat Dokter Baru

oleh -303 views

suaramaluku.com – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menggelar acara pengambilan sumpah dan pelantikan empat dokter baru angkatan ke-25 yang dilakukan secara virtual, Rabu (27/7)/2022).

Sesuai rilis Humas Unpatti, empat dokter baru tersebut adalah Stella Clarissa Siahaya, Heindy Jacob Khoe, Vonita Natalia Silahooy dan Mi’raj A. J. Hasanusi.

Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unpatti, drg. Christiana R. Titaley MIPH Ph.D dalam laporannya elaskan, keempat dokter baru ini merupakan dokter yang telah menjalani tahap kependidikan pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

Tahap Kepanitraan Klinik berlangsung di Rumah Sakit dan Puskesmas wilayah Provinsi Maluku termasuk di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon, RSKD Ambon, RS. Angkatan Laut, RS Tk. II Prof. dr. J. A. Latumeten, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Dinas Kesehatan Maluku, BASARNAS, Klinik Dokter Keluarga di Ambon, maupun Puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Untuk Rumah Sakit Pendidikan di luar Ambon, empat dokter ini telah menempuh kepanitraan klinik di RSP FK Universitas Hasanuddin dan RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Para dokter baru ini juga telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Ujian kompetensi ini merupakan exit exam dalam menetukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Hingga saat ini, jumlah dokter yang diluluskan dari FK Unpatti telah bertambah menjadi 309 dokter. Suatu kebanggan karena persentase kelulusan first taker untuk ujian kompetensi kali ini capai 78% yang merupakan keluluasan first taker FK Unpatti untuk kelulusan UKMPPD sejak tahun pertama tahun 2015.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dokter baru oleh Dekan FK Unpatti Dr dr. Bertha Jean Que Sp.S. M.Kes Selanjutnya Rektor Unpatti Prof Dr M.J.. Saptenno SH M.Hum menyerahkan empat dokter baru itu kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Maluku yang diterima oleh Wakil Ketua nya dr. M. Saleh Tualeka, Sp.M.

Dekan FK Dr Bertha Jean Que, mengatakan acara ini idak terlepas dari dukungan dan bantuan semua pihak dalam proses pendidikan. Ia ucapkan terimakasih kepada Rektor Unpatti yang berikan kesempatan kepada keempat dokter baru untuk selesaikan pendidikan.

Hal yang sama juga disampaikan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten Kota yang selama ini telah mendukung dan berkontribusi terhadap FK sebagai komitmen untuk pengembangan sumber daya manusia.

Juga menyampaikan terima kasih kepada rumah sakit jejaring, para kepala pusat kesehatan masyarakat tempat para dokter baru menjalani proses pendidikan hingga selesai, semua pihak dan dosen pembimbing serta orang tua.

“Selamat kepada keempat dokter baru yang telah selesai menjalankan pendidikan dan boleh menyadang gelar dokter pada nama kalian, ingat ini bukan akhir namun awal perjalanan panjang sebagai seorang dokter dalam melaksanakan tugas pelayanan di tengah masyarakat terkhususnya di Provinsi Maluku.” tutup Dekan.

Sementara itu, Rektor Unpatti Prof Dr M.J. Saptenno SH M.Hum berikan apresiasi kepada civitas FK yang telah mengukir prestasi dari waktu ke waktu. Melalui prestasi-prestasinya juga membuktikan kualitasnya tidak kalah dan mampu bersaing dengan Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesia.

Rektor juga mengatakan pentingnya peningkatan kolaborasi antara pemerintah Provinsi Maluku dan pemerintah Kabupaten Kota melalui dinas kesehatannya dengan FK Unpatti dalam hal memutus mata rantai kemiskinan guna memperkuat layanan kesehatan masyarakat kecil.

Tantangan yang sering dihadapi yaitu para dokter baru enggan bekerja di daerah maupun pedalaman sehingga pemerintah punya peran penting untuk bisa berikan ruang bagi mereka dalam pengabdiannya.

Karenanya ia berharap IDI wilayah Maluku dan IDI kota dapat memanfaatkan potensi para dokter baru untuk ikut serta dalam memperkuat mutu layanan kesehatan di Provinsi Maluku. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.