Mini Expo Warnai Perayaan HUT Kota Ambon ke-447

oleh -61 views

suaramaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Ambon menggelar Mini Expo Produk UMKM.

Expo dalam rangka perayaan HUT ke-447 Kota Ambon, berlangsung 6-8 September 2022, di Pattimura Park, Ambon.

Penjabat (Pj) Walikota Ambon Bodewin M. Wattimena, menjelaskan, di tengah situasi kondisi perekonomian dan tingkat inflasi yang tinggi di Kota Ambon turut pengaruhi daya beli masyarakat, namun Pemkot masih diberi kesempatan untuk berikan ruang bagi Industri Kecil Menengah (IKM) dan UMKM untuk dapat memajang dan menjual hasil produk.

“Ini bagian dari upaya Pemkot untuk bagaimana menyikapi persoalan bangsa ini, provinsi Maluku dan Kota Ambon, terkait melonjaknya harga barang, pasca Pandemi dan pasca penetapan kenaikan harga BBM,” kata Wattimena di sela-sela pembukaan Mini Expo, Selasa (6/9/2022).

Ia menjelaskan, peringatan HUT Ke 447 Kota Ambon tahun 2022, mengambil tema Give to Ambon atau Berikan Untuk Ambon.

Tema ini diangkat dalam rangka menyikapi kondisi pasca pandemi, tetapi juga kondisi yang diakibatkan perang Rusia-Ukraina yang berdampak terhadap perekonomian.

“Karena itu Give to Ambon, menjadi ungkapan kita warga Kota Ambon dalam memperingati hari ulang kota ini. Sehingga apapun yang kita miliki, mari berikan buat Ambon, termasuk memberikan fasilitas dan ruang IKM dan UMKM,” bebernya.

Pemkot Ambon sendiri, lanjutnya, mempunyai inovasi yang nantinya diluncurkan dalam rangka memberikan ruang dan fasilitas bagi UMKM, yakni Jiku Bata atau Sudut Balai Kota.

Dalam inovasi ini, UMKM yang memenuhi syarat dapat menjual produknya di sudut-sudut Balai Kota.

“Ini cara Pemkot mengajak masyarakat memberi bagi kota Ambon dan kami akan melakukannya dari dalam.Semoga apa yang kita buat, bisa merangsang semua warga Kota Ambon untuk memberikan yang terbaik bagi kota ini,” tandasnya.

Mini Expo, dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, serta turut dihadiri oleh Plt.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Sadli Ie,  unsur Forkopimda Kota Ambon, Pj. Ketua TP – PKK, Ketua DWP, dan Pimpinan OPD Kota Ambon, Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Kementerian Agama, BPOM Maluku, serta Perwakilan Perbankan.

Dalam Expo yang diikuti 50 IKM dan UMKM, selain dijual produk-produk berupa makanan dan kerajinan, juga ditampilkan pameran Foto Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon. (*/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.