Wattimena: Perjuangan untuk Pertahankan Ideologi Pancasila Tidah Mudah

oleh -89 views
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Pemkot Ambon.

Wattimena: Perjuangan untuk Pertahankan Ideologi Pancasila Tidah Mudah

suaramaluku.com – Pejabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengatakan, perjuangan untuk mempertahankan ideologi atau dasar negara Pancasila tidaklah mudah, tetapi penuh dengan pengorbanan.

Hal itu diungkapkan pada upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di halaman parkiran balaikota, Sabtu (1/10/22).

Upacara peringatan tersebut, selain dihadiri oleh Pejabat Walikota Ambon, juga oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon Elly Toisuta, Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse, dan seluruh pejabat serta staf Pemkot Ambon.

Wattimena usai memimpin upacara mengungkapkan, dengan adanya pelaksanaan upacara ini, tentunya menjadi bentuk penghormatan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur.

“Hari Kesaktian Pancasila inikan, cara kita untuk menghargai para pahlawan yang gugur, para jenderal dan perwira yang gugur ketika peristiwa G30SPKI,” ujarnya.

Menurutnya, momentum ini mau memberikan pembelajaran bagi kita bahwa perjuangan untuk mempertahankan Pancasila itu tidak mudah.

“Oleh karena itu, Pemkot Ambon mengajak seluruh masyarakat kota untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara,” tegas Wattimena.

Hal ini lanjutmya, sangat penting, dikarenakan tidak ada dasar negara lain yang mampu menyatuhkan kita sebagai bangsa yang majemuk terdiri dari berbagai macam suku, budaya, dan agama.

“Setiap kali kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, tugas kita adalah menjaga, mempertahankan, dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh eksistensi kehidupan kita,” pungkasnya. (*/SM-12)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.