Christian Tehuteru, Mantan Danrem 151 Binaiya Dipromosi Jabatan Bintang Satu

oleh -356 views
Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru,. -dokumen-

suaramaluku.com – Satu lagi putra Maluku di jajaran TNI mendapat promosi jabatan bintang satu. Kali ini diperoleh Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru, mantan Komandan Korem (Danrem) 151 Binaiya periode 2017-2018 di Ambon.

Kepastian promosi jabatan Tehuteru tersebut, setelah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada ratusan perwira menengah (Pamen) dan perwira tinggi (Pati) TNI.

Para perwira yang mendapat tugas dan tanggung jawab baru tersebar di tiga matra TNI yakni, Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) maupun Angkatan Udara (AU). Total ada 110 Pamen maupun Pati yang dimutasi dalam keputusan yang ditetapkan Panglima TNI pada 28 September 2022 ini

“Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/940/IX/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia,” bunyi salinan SK tersebut yang didapat media, Sabtu (1/10/2022)

Dalam SK Panglima TNI tersebut, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru dipromosikan menjabat Asisten Operasi (Asops) Kaskostrad. Ia menggantikan Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun yang dimutasikan menjadi Kasdivif 2 Kostrad

Sebelum dipromosikan jadi Asops Kaskostrad, Tehuteru menjabat sebagai Paban V/Kermalat ASEAN Slatad.

Dari data yang dhimpun media, karier militer Tehuteru yang alumni Akmil 1993 ini, memang kebanyakan dihabiskan di pasukann tempur, baik sebagai komandan peleton, komandan kompi, komandan bataliyon hingga komandan brigif.

Tercatat Tehuteru yang kelahiran 31 Juli 1971 ini, mulai merintis karir militernya di Kostrad. Tepatnya pada Satuan Lintas Udara atau Linud.

Diantaranya ia pernah jadi Danton Yonif Kostrad, Danton II/A Yonif Linud 328/Dirgahayu. Masih di satuan yang sama, Tehuteru juga pernah menjadi Danton I/B Yonif Linud 328/Dirgahayu.

Kemudian dipromosikan pada tahun 1999, ia dipercaya jadi Komanda Kompi Bantuan Yonif Linud 328/Dirgahayu. Jabatan lain di Yonif Linud Dirgahayu adalah sebagai Danki Senapan B Yonif Linud 328/Dirgahayu.

Tahun 2003,Tehuteru diercaya menjadi Gumil Gol VI Depnik Pusdikif. Lantas menjadi Kasi 2/Operasi Brigif Linud 17/Kujang I pada 2005. Setahun berikutnya ia kembali ke Yonif Linud Dirgahayu untuk pegang jabatan Wadan Yonif Linud 328/Dirgahayu.

Setelah itu, Tehutetu jadi Pabandya Lid Sintel Dam XVII/Cenderawasih. Setahun berikutnya, ia diangkat menjadi Dan Yonif Linud 305/Tengkorak.

Tahun 2011, ia kembali ditugaskan ke Papua untuk mengemban jabatan Dandim 1710/Mimika. Tahun berikutnya jabatan baru yakni sebagai Kasiops Rem 174/Atw Dam XVII/Cenderawasih.

Tahun 2014, ia diangkat jadi Dan Brigif Linud 17/I. Lalu kembali ke Papua untuk memegang posisi Asisten Operasi Kodam XVII/Cenderawasih.

Pada tahun 2017, ia dapat promosi menjadi Komandan Korem 151/Binaiya Kodam Pattimura. Selanjutnya berugas sebagai Paban VI/Ops DN (Dalam Negeri) Sopsad.

Christian Tehuteru kelahiran Jakarts 51 tahun silam, namun berasal dari Negeri Hatusua kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku. (SM-05)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.