Catatan Said Latuconsina : Grafik Makin Baik, Sulit Bendung Messi Dkk Untuk Raih Bintang Tiga

oleh -118 views
Selebrasi Lionel Messi saat melawan Kroasia. -AP Photo-

suaramaluku.com – Piala Dunia (PD) 2022 di Qatar yang dimulai tanggal 21 November 2022 yang diikuti 32 negara mewakili benua masing-masing, sejak babak grup penuh dengan kejutan.

Kejutan yang terjadi pada pertandingan PD kali ini, salah satunya adalah Arab Saudi berhasil mengalahkan Argentina yang dikomandoi Lionel Messi dengan skor 2-1.

Meskipun demikian, Argentina tetap lolos ke babak 16 setelah mengemas 6 poin hasil dari dua kemenangan melawan Meksiko dan Polandia.

Kejutan terus terjadi di babak 8 Besar saat dua raksasa sepakbola dunia Brasil dan Portugal harus angkat koper akibat menelan pahit kekalahan dari Kroasia dan Maroko, sekaligus menghapus mimpi Brasil untuk dapatkan kembali gelar juara PD di tahun ini.

Saat tulisan ini dibikin, pertandingan PD menyisakan babak semifinal pada Rabu – Kamis tanggal 14 dan 15 Desember 2022 antara Argentina melawan Kroasia dan Perancis melawan Maroko.

Melihat pengalaman bertanding lawan Belanda pada perempat final, Argentina evaluasi permainannya. Pelatih Lionel Scaloni tidak mau kecolongan kembali dua gol di menit-menit akhir seperti pada laga kontra Van Dijk dkk yang hampir gagalkan mimpinya untuk meraih juara di Piala Dunia.

Prediksi saya terbukti. Messi dkk mampu bungkam perlawanan Kroasia 3-0. Pola permainan cepat dan keras Argentina mampu menembus kuatnya pertahanan Kroasia. Pelatih Argentina juga mampu memotivasi pemainnya untuk tidak mudah terprovokasi oleh permainan Kroasia.

Kini Lionel Messi dkk sudah memuluskan jalan menuju laga final. Siapa lawannya di partai puncak PD 2022? Kita tunggu saja. Namun siapapun pesaing Argentina nanti, rasanya sulit membendung Messi dkk untuk meraih bintang tiga atau juara dunia ketiga kalinya.

PARTAI FINAL

Prancis akan mengalami kesulitan saat melawan Maroko dibawah komando sang kapten Romain Saiss, yang mempunyai kekuatan bertahan sangat rapat dan penjaga gawang Yassine Bounou yang sudah teruji keandalannya.

Namun demikian, banyak orang yang berpendapat bahwa kemenangan Prancis melawan Maroko saat laga semifinal akan didapat melalui adu pinalti.

Sehingga nantinya Argentina akan bentrok melawan Perancis di partai final PD 2022.. Dari laga final tersebut akan menghadirkan duel sengit.

Juga persaingan antara Lionel Messi, Di Maria, dan Lisandro Martines dengan bintang Prancis Kylian Mbappe yang mempunyai kecepatan diatas rata-rata serta pemain muda yang berbakat diantaranya Tchoumeni, Wiliam Saliba dan Ibrahim Konate.

Akan tetapi kecerdikan pelatih Lionel Scaloni dalam menempatkan pemain Argentina dengan formasi 4-3-3 akan dapat mengungguli timnas Perancis, dengan Messi akan menyumbangkan setidaknya dua gol untuk timnya dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Argentina.

(Penulis berpangkat Brigjen TNI Mar, menjabat Komandan Lantamal IX Ambon)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.