Mendagri Serahkan Penghargaan Garnas Buana Utama Untuk Pemkot Ambon

oleh -154 views
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demianus Paais menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa, (20/12/2022).

suaramaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berhasil menerima penghargaan Garnas Buana Utama yang diberikan langsung oleh, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, dan diterima oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demianus Paais di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa, (20/12/2022).

Garnas Buana merupakan suatu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Kemendagri terhadap Porvinsi/Kota/Kabupaten yang telah selenggarakan tiga pelayanan dasar dalam penanggulangan bencana.

Yakni, Pelayanan Informasi Rawan Bencana (KIE sebagai salag satu sub-layanan); Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Gladi kesiapsiagaan sebagai salah satu sub-layanan); serta Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana (Pencarian, Pertolongan, dan evakuasi sebagai salah satu sub-layanan).

Menurut Paais, setelah melewati tahapan seleksi, yakni berkas dan wawancara, BPBD Kota Ambon, bersama dengan dua Kota/Kabuoaten lainnya di Provinsi Maluku masuk kategori untuk mendapatakan award tersebut.

“Setelah kita lewati dua tehapan seleksi, Kota Ambon bersama dua kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia berhasil meraih penghargaan Garnas Buana Utama pada penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana Award) tahun 2022,” tuturnya, kepada tim media center, melalui pesan seluler, Rabu (21/12/22).

Dikatakan, sebanyak 187 daerah di seluruh Indonesia diikutsertakan dalam proses seleksi dengan rincian 26 Provinsi dan 161 Kota/Kabupaten. Kota Ambon sendiri menduduki posisi tiga terbaik dalam pelaksanaan tiga pelayanan dasar dalam penanggulangan bencana.

“Kota Ambon menduduki posisi tiga terbaik memasukan evidence penilaian penerapan SPM setelah Kota Medan terbaik pertama dan Kabupaten Lombok Barat menduduki terbaik dua,” terangnya.

Ia berharap apa yang telah di terima Kota Ambon saat ini, dapat terus dipertahankan dan tentunya di tahun yang akan datang akan lebih baik bahkan bisa menduduki posisi pertama. (SM-12)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.