Warga Keturunan Tionghoa di Ambon Syukuran Perayaan Tahun Baru Imlek

oleh -83 views
Kapolda Maluku, Sekda Maluku, Penjabat Walikota Ambon dan lainnya saat syukuran perayaan Imlek. -humas polda-

suaramaluku.com – Warga keturunan Tionghoa di Ambon dan sekitarnya mengadakan malam syukuran Tahun Baru Imlek 2574 yang digelar di auditorium kampus Unpatti kawasan Poka Ambon, Minggu (22/1/2023) malam.

Hadir pada malam syukuran tersebut, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Selain Kapolda, hadir juga dalam Sekda Maluku Sadly Lie, Danlanud Pattimura, istri Gubernur Maluku, Ketua DPRD Ambon dan Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan lainnya.

“Kami senang bisa menghadiri perayaan tahun baru Imlek bersama masyarakat Tionghoa. Kami juga mengucapkan selamat kepada masyarakat Tionghoa yang merayakan,” kata Kapolda, seperti dikutip dari TBNews.com.

Perayaan tahun baru Imlek yang digelar warga keturunan Tionghoa di Ambon mengusung tema “Bersama Kita Menjaga Kedamaian dan Bersatu Mempertahankan Rasa Persaudaraan”.

Kapolda berharap tahun baru Imlek 2574 dapat menjadi momentum untuk mempererat persatuan dan kerukunan antar sesama khususnya di Maluku.

“Dengan momentum tahun baru Imlek kami juga berharap dapat mewujudkan Maluku yang aman, damai dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, sebelumnya untuk merayakan Imlek 2574, warga keturunan Tionghoa di Kota Ambon, beribadah di Vihara Swarna Giri Tirta di kawasan Gunung Nona, Kecamatan Nusaniwe.

Ketua Walubi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa, di Ambon, Minggu mengatakan, imlek bagi umat Tionghoa merupakan budaya yang berkaitan dengan penanggalan-penanggalan lunar.

“Kita menyadari bahwa penanggalan lunar berpatokan kepada dinamika kehidupan di dalam perkembangan hidup. Kita serentak di seluruh dunia sebagai keturunan Tionghoa menyambut perayaan budaya sebagai ungkap syukur yang mendalam dalam perjalanan tahun lalu sehingga kita dapat melewati dengan baik dan kita akan menempuh tahun depan dengan harapan lebih baik,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Selain itu, juga di beberapa lokasi dilakukan atraksi barongsai yang diikuti para pelajar, termasuk di mall MCM. (*/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.