Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Ikut Jejak Maitimo dan Lilipaly Bela Timnas

oleh -447 views
oleh
Pemain asal Belanda keturunan Ambon Maluku, Shayne Pattynama resmi jadi WNI. (Instagram/@mochamadiriawan84)

suaramaluku.com – Pesepakbola asal Belanda keturunan Ambon – Maluku, Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Shayne diambil sumpahnya sebagai WNI pada Selasa (24/1/2023), di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Pemain yang kini merumput bersama Viking FK di Liga Norwegia mendatangi Kanwil Kemenkumham dengan mengenakan kemeja putih, dasi merah, jas hitam, celana hitam, sepatu hitam, dan peci hitam, seperti dilansir oleh bola.net.

Shayne yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu ditemani oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan dan perwakilan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

“Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita,” ujar Mochamad Iriawan.

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Dengan sudah sah nya Shayne Pattynama menjadi WNI dan bisa perkuat tim nasional (timnas) Indonesia di level kompetisi resmi FIFA, maka dia mengikuti jejak dua rekan seniornya asal Belanda yang juga keturunan Ambon – Maluku.

Kedua pemain keturunan Maluku asal Belanda tersebut adalah Raphael Maitimo dan Stephano Lilipaly, yang telah bermain untuk timnas Indonesia di berbagai turnamen maupun kompetisi resmi.

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

VIKING FK BERI SELAMAT

Sementara itu, klub Viking FK Norwegia tempat Pattynama kini berkarier memberikan selamat kepada pemain 24 tahun tersebut lewat unggahan Story di Instagram klub.

“Selamat Shayne¬†Pattynama,” tulis Viking, seperti ditulis CNNIndonesia.

Tim yang kini dilatih duet Bjarte Lunde Aarsheim dan Morten Jensen itu mendoakan pemain naturalisasi asal Belanda tersebut segera memperkuat Timnas Indonesia. “Siap berjuang untuk Indonesia,” kata Viking.

Vikinf FK adalah salah satu klub besar di Liga Norwegia. Berdiri sejak 10 Agustus 1899, Viking mengoleksi delapan gelar juaga Liga Norwegia.

Jumlah trofi itu ketiga terbanyak setelah Rosenborg (26 gelar) dan Fredrikstad (9 gelar). Selain sembilan gelar liga, Viking juga meraih enam trofi Piala Norwegia.

Shayne Pattynama gabung Vikin FK sejak Apri 2021 dari klub Belanda Telstar, setelah sebelumnya mengawali karier bersama tim junior Utrech.

“Saya ingin bertemu dengan rekan setim di Timnas Indonesia. Tidak sabar karena ini melalui proses yang panjang. Ini perasaan yang buat saya bangga jika saya sudah memegang paspor Indonesia,” ujar Shayne usai pengambilan sumpah jadi WNI. (*/NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.