Satu Lagi Pemain Keturunan Maluku Masuk Skuad Timnas Belanda

oleh -11,299 views
oleh
Tijjani Reijnders dan saat bersama keluarganya (ayah ibu dan kedua adiknya). -dok-

suaramaluku.com – Talenta dan bakat anak-anak keturunan Ambon Maluku – Indonesia di Belanda (Holland) khususnya pada cabor sepakbola, tak habis-habisnya. Bahkan mampu terpilih masuk skuad timnas Oranye tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, terkini terdapat satu pemain keturunan Maluku yang dipanggil pelatih tim Oranye, Ronald Koeman, untuk perkuat skuad Belanda hadapi partai semifinal UEFA Nations League melawan Kroasia, 15 Juni 2023 (waktu Indonesia).

Siapa dia? Namanya Tijjani Reijnders. Pesepakbola kelahiran Zwolle 29 Juli 1998 atau 24 tahun lalu ini, kini bermain di Eredivisie bersama klub AZ Alkmaar pada posisi gelandang.

Mereka adalah keluarga pesepakbola. Ayah Tijani.bernama Martin Reijnders merupakan mantan pemain FC Zwole. Sedangkan adiknya

Eliaono Reijnders juga main di Jong Uterecht sekarang ini.

Tijani berdarah Indonesia, karena ibunya keturunan Ambon Maluku bernama Angelina Lekatompessy. Serta opa atau kakek Tijani dari ibu yakni Etus Lekatompessy yang beristrikan Mimi Lekatompessy.

Bila dilihat dari marga atau fam Lekatompessy, maka ibu Tijani dan opa nya berasal dari Negeri Latuhalat, kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kesuksesan Tijani Reijnders masuk daftar 26 pemain timnas Belanda asuhan Ronald Koeman, tidak terlepas dari penampilan baiknya bersama AZ Alkmaar.

Ia telah bermain dalam 33 pertandingan di Eredivisie Belanda, dengan sumbangan 4 gol dan 6 assist. Kontribusinya yang signifikan bahkan membantu timnya mencapai babak semifinal Conference League.

Untuk diketahui, Tijjani Reijnders sempat jadi bahan pembicaraan terkait kemungkinan naturalisasi oleh PSSI untuk perkuat timnas Indonesia. Namun, ia menolak tawaran itu dengan tegas, menyatakan dia belum tertarik bermain bagi skuad Garuda.

Pengumuman resmi skuad Belanda tersebut dilakukan melalui akun Twitter resmi @OnsOranje. Nama-nama pemain bintang seperti Virgil van Dijk, Daley Blind, Nathan Ake, Cody Gakpo, Memphis Depay, Franky de Jong, de Ligit, Wijnaldum dan lainnya tetap mendapatkan tempat di daftar tersebut.

Sedangkan partai semifinal UEFA Nations League akan pertemukan Belanda vs Kroasia dan Spanyol vs Italia.

Dengan demikian Tijani Reijnders mengikuti jejak senior-seniornya pemain keturunan Maluku yang mampu masuk skuad timnas Oranye, seperti Simon Tahamata, Sonny Silooy, Giovani van Bronchorst, Denny Landzaat, Bobby Petta dan lainnya. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.