Pemkot Ambon Tambah Dua Unit Truk Sampah Untuk Dukung Program Kebersihan

oleh -457 views
oleh
Suasana kondisi volume sampah yang tinggi dengan armada yang terbatas di Kota Ambon. -dok-

suaramaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) nya, menambah dua unit truk pengangkut sampah sebagai bagian dari program kebersihan kota.

Menurut Kepala DLHP Ambon, Edo Hehamahua, awal pekan ini, bahwa saat ini Pemkot Ambon memiliki 23 truk sampah, tujuh truk amrol, tiga mobil, dan 34 armada roda tiga untuk mengelola sampah.

Dijelaskan, pembelian dua unit truk itu dilakukan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon tahun 2023 guna meningkatkan pelayanan dalam bidang kebersihan.

Armada sampah tersebut melayani lima kecamatan di Kota Ambon dengan dukungan dari 862 petugas sampah, termasuk penyapu jalan dan petugas taman.

Dikatakan, penambahan dua unit armada sampah ini bertujuan untuk memperbaiki jalur pengangkutan sampah yang dianggap kurang memadai akibat volume sampah yang cukup tinggi.

Salah satu contohnya adalah di kelurahan Honipopu dan Uritetu, di mana sebelumnya hanya dilayani oleh satu unit truk sampah. Mengingat kedua kelurahan tersebut cukup besar, penambahan armada sampah di sana menjadi prioritas.

Edo Hehamahua mengakui bahwa jumlah armada sampah di Ambon masih terbatas dan tidak sebanding dengan volume sampah yang harus ditangani.

Volume sampah yang terkumpul mencapai 250-270 ton per hari, sedangkan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekitar 150-160 ton per hari.

Dengan penambahan dua armada sampah di tahun 2023, diharapkan dapat mengurangi tumpukan sampah di TPS (Tempat Penampungan Sementara) dan memperlancar proses pengangkutan sampah ke TPA.

DLHP juga berharap agar masyarakat dapat mendukung dengan kesadaran dalam membuang sampah pada tempat dan waktu yang telah ditetapkan guna menjaga kebersihan Kota Ambon. (SM-05/Ant)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.