Sejumlah Profesor dan Dokter Spesialis Anak Simposium Ilmiah di Ambon

oleh -2,108 views
oleh
dr Thommy Adoe Sp.A(K) dan Prof Dr dr Sudung D. Pardede Sp.A(K). -dok-

suaramaluku.com – Sejumlah pakar ilmu kedokteran khususnya untuk penyakit anak dari Jakarta, Bekasi, Makassar dan kota lainnya melaksanakan Simposium Ilmiah sehari di Kota Ambon.

Simposium ilmiah dengan tema “Meet The Expert: Pediatric Emergences Update” tetsebut berlangsung di Hotel Santika Premiere Ambon, Sabtu (3/6/2023).

Menurut dr Thommy Adoe Sp.A(K), salah satu dokter spesialis anak dari RSUD Kota Bekasi yang datang ke Ambon, kegiatan simposium ilmiah itu dikordinir oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Sulawesi Selatan.

Peserta yang terlibat dalam simposium ilmiah tersebut.sekitar 100 orang, terdiri dari dokter anak dan dokter umum yang ada di kota Ambon dan sekitarnya.

“Kegiatan ilmiah ini sangat penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan kedokteran khususnya guna penanganan anak-anak di Ambon dan Maluku umumnya. Karena para nara sumber merupakan guru besar dan ahli di bidangnya,” ujar dr Thommy kepada media ini saat bincang-bincang, Jumat (2/6/2023).

Para pembicara dalam simposium ilmiah tersebut yaitu untuk Sesi I dengan moderator dr. Setia Budi Salekede, Sp.A(K) tentang materi “Etik Kedokteran’ disampaikan oleh Dr. dr. Idham Jaya Ganda, Sp.A(K).

Kemudian materi soal “Tatalaksana Perdarahan pada Thalasemia” disampaikan oleh Dr. dr. Nadirah Rasyid Ridha, SpA(K).

Dilanjutkan dengan topik “Tatalaksana Syok Sepsis” dengan pembicaranya Dr dr St. Aizah Lawang, SpA(K). Sesi pertama diakhiri dengan Tanya Jawab dan Diskusi.

Setelah itu, masuk ke Sesi II dengan moderatornya Dr dr. Idham Jaya Ganda Sp.A(K) membahas tentang “Diagnosis dan Tatalaksana Stunting” dengan nara sumbernya Prof. Dr. dr. Aryono Hendarto, Sp.A(K), MPH SH MH.

Berikutnya tentang topik “Hipertensi pada Anak” yang disampaikan oleh Prof Dr. dr. Sudung O. Pardede, Sp.A(K).

Selanjutnya soal materi “Ketoasidosis Diabetik pada Anak” dibahas oleh Prof. dr. Jose R. L. Batubara, Ph.D, Sp.A(K)

Setelah itu dilanjutkan dengan topik terakhir yaitu tentang “Tourette and TIC Syndrome” yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K) dan diakhiri dengan Tanya Jawab.

Usai simposium ilmiah, dilanjutkan dengan acara organisasi yang hanya melibatkan dokter anak yang masuk dalam naungan Koperasi Anak Mandiri Sejahtera (KAMAS). (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.