Ditolak Main di Indonesia, Timnas Israel Malah Bikin Sejarah di PD U-20 Argentina

oleh -1,318 views
oleh
Luapan kegembiraan para pemain timnas Israel U-20. -Dok FIFA-

suaramaluku.com – Ditolak main di Indonesia, tim nasional (Timnas) U-20 Israel malah membuat kejutan dan bikin sejarah di Piala Dunia (PD) U-20 yang berlangsung saat ini di Argentina.

Untuk diingat, putaran final PD U-20 tahun 2023 yang seharusnya Indonesia sebagai tuan rumah pada 20 Mei – 1 Juni lalu. Namun karena penolakan kehadiran Israel, akhirnya FIFA pindahkan event tersebut ke Argentina.

Nah, timnas Israel U-20 bisa disebut sangat fenomenal. Karena mereka meraih tiket perdananya setelah secara mengejutkan tampil sebagai runner up atau finalis Piala Eropa U-19 tahun 2022.

Setelah itu, kejutan timnas Israel terus berlanjut di putaran final PD U-20. Israel masuk grup C bersama Kolombia, Jepang dan Senegal. Mereka meraih poin 4, hasil dari satu kali menang 2-1 vs Jepang, seri lawan Senegal 1-1 dan kalah 1-2 dari Kolombia.

Dua tim yang lolos 16 Besar dari grup C adalah Kolombia sebagai juara grup dan Israel runner up. Di babak 16 Besar, Dor Turgeman dkk tampil impresif saat kalahkan Juara Asia 2022 Uzbekistan dengan skor tipis 1-0.

Dewi fortuna sepertinya berpihak terus untuk timnas Israel U-22. Pasalnya, pada Sabtu (3/6/2023) di San Juan, giliran tim kuat Brazil yang digasak 2-3 lewat perpanjangan waktu di partai perempat final alias 8 Besar, sehingga bikin sejarah tampil perdana namun sukses lolos ke babak semifinal.

Tiga gol kemenangan timnas Israel U-20 disumbang oleh Anan Khalailli (60’), Hamza Shibli (93’), dan Dor David Turgeman (105+3’).

Selanjutnya timnas Israel U-20 masih menanti lawannya di partai semifinal. Mereka akan berhadapan dengan pemenang laga antara Amerika Serikat U-20 vs Uruguay U-20.

Sedangkan tim Italia U-20 uga lolos ke partai semifinal, setelah sukses kalahkan tim Kolombia dengan skor 3-1. Italia akan berhadapan dengan pemenang antara Korea Selatan, U-20 vs Nigeria U-20.

Sementara itu, dengan lolosnya Israel dan Italia ke semifinal, serta menunggu hasil Amerika Serikat vs Uruguay dan Korsel vs Nigeria, maka dipastikan PD U-20 di Argentina akan melahirkan juara baru.

Sebab, sepanjang sejarah turnamen, hanya ada 11 negara yang pernah menjadi juara. Empat diantaranya tampil di Piala Dunia U-20 2023, tetapi sudah tersingkir yaitu Argentina (6 kali juara), Brazil (5 kali), Prancis (1 kali) dan Inggris (1 kali). (NP/berbagai sumber)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.