Paduan Suara Mahasiswa “Hotumese” Unpatti Raih Dua Medali Emas WCD di Korsel

oleh -2,021 views
oleh
Paduan siara mahasiswa "Hotumese" Unpatti di Korea. -humasunpatti-

suaramaluku.com – Paduan Suara Mahasiswa “Hotumese” Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, berhasil meraih dua medali emas (gold) pada ajang 12th World Choir Games (WCG) di Kota Gangneung, Korea Selatan, yang dilaksanakan pada 7-13 Juli 2023.

Keberhasilan PS Hotumese Unpatti di kompetisi paduan suara dunia yang diikuti 34 negara tersebut, diketahui sesuai hasil yang diumumkan pada website resmi event itu yakni WWW.WCG2023.COM.

Mereka mendapatkan predikat gold pada dua kategori yakni Pop dan Gospel. Hebatnya, hanya dua nomor itu yang diikuti PS Mahasiswa Hotumese Unpatti.

Saat tampil dalam katagori Gospel, mereka membawakan tiga buah lagu yaitu My life is in your hand, Sweet by and by, dan Hosanna di panggung Gangneung Arts Center, (Rabu 12/7)

Di Kategori C24 Pop Choirs. Dua paduan suara asal Indonesia bersaing ketat di penilaian dewan juri, namun keduanya tetap meraih medali emas. Yaitu PS Gitabumi Shine Voices gabungan dari pelajar Sidoarjo, Surabaya dan Jakarta serta PS Hotumese Unpatti Ambon.

Gitabumi Shine Voices dengan konduktor Tedy Eka Supriyandi memperoleh medali emas dengan nilai 94,75 dan Hotumese The Student Choir of Pattimura University dengan konduktor Franco Etshirt Ayal peroleh nilai 92.00.

Dua PS asal Indonesia di kategori Pop ini berhasil mengalahkan peserta dari  Swedia, Slovakia, Belanda, USA, China, Afrika Selatan, Korea Selatan, Kosovo dan Thailand.

Sedangkan pada kategori C21 – Gospel, paduan suara Hotumese The Student Choir of Pattimura University dengan konduktor Franco Etshirt Ayal, harus berjuang ketat tiga negara lainnya yakni Belanda, USA, dan Republik Korea.

Belanda meraih nilai 95.00, Hotumese Unpatti (Indonesia) point 91.00, USA peroleh nilai 90.50 dan Republik Korea 89.00.

Secara total, Indonesia sukses menempati peringkat kedua umum dengan meraih 13 medali emas. Peringkat umum pertama China dengan 22 medali emas, posisi ketiga Republik Korea 11, USA 7, Afrika Selatan 6, Thailand 4, Republik Ceko 3, Australia 2, Austria 2 dan Denmark 2.

Selain Hotumese Unpatti Ambon, dari kalangan paduan suara perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya dari Unhas Makassar juga meraih medali emas di kategori Champion Competition. Kategori ini diperuntukkan bagi paduan suara yang telah menjuarai kompetisi sebelumnya.

Sementara itu, saat pelepasan PS Hotumese ke Korea pekan lalu, Wakil Rektor III Dr Jusuf Madubun MSi ungkapkan, bahwa ia optimis karena tahun-tahun sebelumnya PS Hotumese meraih prestasi Juara 1 kategori Gospel kompetisi serupa di Colombo tahun 2017 dan Juara 1 untuk dua kategori yaitu Pop dan Mix serta dapat penghargaan Best OutStanding Performance di Barecolan tahun 2018.

Sedangkan menurut pembina PS Hotumese, Prof. Dr. P. Kakisina M.Pd, bahwa PS Hotumese sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang berdiri sejak 22 Agustus 2010 telah membuktikan peran aktif dalam berbagai kegiatan di kampus maupun pada berbagai event pemerintah provinsi maupun kota.

Termasuk aktif pada berbagai ajang perlombaan tingkat nasional maupun tingkat Internasional. PS Hotumese saat ini menempati peringkat 56 dari 1000 paduan suara terbaik dunia dan peringkat 7 dunia paduan suara untuk katogori Pop, Gospel Spritual, dan Jazz. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.