Kemenkes RI Visitasi Rencana Pendirian Prodi Kedokteran Gigi FK Unpatti

oleh -762 views
oleh

suaramaluku.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan visitasi lapangan dalam rangka Pendirian Program Studi (Prodi) Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti), yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 FK Unpatti, awal pekan ini (18/9/ 2023).

Visitasi merupakan salah satu tahapan pemberian rekomendasi kepada program studi baru yang akan dibuka.

Tim Visitasi Lapangan Kemenkes yang hadir di FK Unpatti antara lain drg Arianti Anaya, MKM (Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan) dan Dra. Hj. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan).

Kehadiran Tim Visitasi disambut hangat oleh Ketua Tim Pendirian Prodi Kedokteran Gigi FK Unpatti, Dr. Johan Bruyif Bension bersama Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Yuniasih Taihuttu, S.Si M.Sc.

Tim Kemenkes RI berikan gambaran tentang latar belakang untuk dibukanya Program Studi Kedokteran Gigi, Validasi Persiapan FKG serta peninjauan langsung sarana prasarana dan Laboratorium (Klinik Prodi Kedokteran Gigi, Histologi dan Patologi Anatomi, Anatomi) untuk memastikan suatu calon prodi baru layak dan mampu untuk implementasi dalam standar pendidikan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy M.Pd mengatakan, kedatangan Tim Visitasi Lapangan dari Kemenkes RI dalam rangka pendirian Prodi Kedokteran Gigi di FK Unpatti.

Ia jelaskan, bahwa FK Unpatti telah berdiri tahun 2008, digagas sejak tahun 2003 yang pada saat itu mendapatkan pendampingan dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

“Seiring dengan berjalannya waktu, di tahun 2021 kami mencoba untuk mengusulkan Program Studi Kedokteran Gigi di Universitas Pattimura, dan sangat bersyukur semuanya dapat berjalan dengan baik hingga sampai pada tahap visitasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI),” jelasnya seperti dirilis oleh humasunpatti.

Selain itu juga, lanjutnya, sudah memenuhi seluruh aplikasi pada SIAGA (Sistem Informasi Kelembagaan). SIAGA merupakan one stop service (layanan satu atap) perizinan kelembagaan perguruan tinggi, dimana proses pengusulan sampai keluarnya SK ijin dapat dilayani dalam satu sistem informasi,” ujarnya.

Dengan kedatangan tim visitasi lapangan ini, Prof. Leiwakabessy berharap adanya masukkan dan juga support yang diberikan untuk percepat pembukaan Prodi ini. selain itu berharap di tahun 2024 SK Pembukaan Program Studi Kedokteran Gigi FK Unpatti bisa didapatkan sehingga membuka kesempatan untuk menerima mahasiswa baru.

“Karena seluruh persyaratan dan dokumen pendukung untuk membuka Prodi Kedokteran Gigi sudah kami penuhi semua”, tutup Prof. Leiwakabessy.

Turut dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK, Tim Task Force Pendirian Program Studi Gigi, Tim Gugusan Jaminan Mutu, Para Calon Staf Pendidik Program Studi Kedokteran Gigi dalam lingkungan FK Unpatti. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.