Lilipaly Jadi Kapolres Jakarta Timur, Sameaputy Kapolres Poso, Kadir ke Malteng

oleh -761 views
oleh

suaramaluku.com – Putra asal Maluku kembali mendapat kepercayaan untuk menduduki posisi strategis di jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Hal itu terjadi setelah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi jabatan besar-besaran terhadap 483 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Dari ratusan perwira tersebut sebanyak 67 orang diantaranya menduduki jabatan setingkat Kapolres.

Mutasi ratusan perwira Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/2864/XII/KEP./2023, ST/2865/XII/KEP./2023 dan ST/2866/XII/KEP./2023 yang terbit tanggal 28 Desember 2023.

Dari mutasi rotasi itu khususnya di tingkat Kapolres, terdapat nama dua putra asal Maluku yang diangkat dan dipercaya Kapolri memegang tongkat komando.

Mereka adalah Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly diangkat sebagai Kapolres Metro Jakarta Timur, Polda Metro Jaya.

Lilipaly sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Bidang Madya Pamobvit Baharkam Polri. Ia menggantikan Kombes Pol Leonardus Simarmata yang diangkat sebagai Kabidkum Polda Metro Jaya

Lilipaly lahir di Ambon pada 6 September 1973. Merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1997. Terkini ia telah lulus pendidikan di Sesko TNI pada November 2023.

Ia berpengalaman memegang komando wilayah, karena sudah dua kali jabat Kapolres di Polda Sumatera Utara, juga pernah duduki posisi strategis di Polda Papua.

Satu nama putra Maluku lainnya yaitu AKBP Arthur Sameaputty. Ia diangkat sebagai Kapolres Poso Polda Sulteng. Sebelumnya dia menjabat Danyon C Men II Paspelopor Korbrimob Polri.

Sameaputty menggantikan AKBP Riski Fara Shandi yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadanmen I Paspelopor Korbrimob Polri.

Sementara itu, posisi Kapolres Maluku Tengah (Malteng) Polda Maluku yang baru akan ditempati oleh AKBP Hardi Meladi Kadir. Ia sebelumnya menjabat Kasubdit 3 Diresnarkoba Polda Maluku.

Hardi Meladi Kadir gantikan AKBP Dax Emmanuele Samson Manuputty yang dimutasi sebagai salah satu Kasubag Sistem Pembinaan Karier Bagian Pengkajian Sistem Biro Pengkajian dan Strategi SSDM Polri.

Selain itu, salah satu mutasi Kapolres juga adalah AKBP Erlichson diangkat sebagai Kapolres Halmahera Barat Polda Maluku Utara. (NP).

No More Posts Available.

No more pages to load.