Kepala BMKG Maluku Kunjungi Command Center Pemkot Ambon Untuk Kolaborasi

oleh -459 views
oleh
Kepala BMKG Maluku dan Staf saat berada di Command Center Kota Ambon. (Foto pemkot ambon).

suaramaluku.com – Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, menerima kunjungan dari Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Ambon Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Maluku, Djati Cipto Kuncoro, Jumat (12/1/24) di Command Center (CC) lantai IV Balaikota.

Kuncoro yang didampingi Ahli Muda Pengamat Meteorologi dan Geofiisika (PMG), Yehezkiel Halawet, menjelaskan kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi sekaligus diskusi terkait tugas dan fungsi BMKG dengan pelayanan data dan informasi kepada instansi serta masyarakat di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

“Kami juga mau mendiskusikan bagaimana kolaborasi bersama Dinas Kominfo dan Persandian dalam menyebarluaskan informasi peringatan dini kepada masyarakat,” ungkapnya

Diutarakan, pada 2020 lalu, BMKG Stasiun Geofisika Klas I Ambon telah menyerahkan bantuan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yaitu WRS NewGen kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“WRS NewGen dapat memberikan informasi gempa bumi secara cepat, sehingga memastikan pemangku kepentingan ambil langkah cepat, dalam menangani bencana dan beri manfaat nyata menyelamatkan masyarakat dari situasi kebencanaan,” tambahnya.

Kuncoro berharap, kedepan BMKG bisa bekerja sama dengan Pemkot Ambon untuk menampilkan titik rawan gempa dan mengkoneksikan sistem peringatan dini gempa di wilayah Maluku, dan info BMKG lainnya dengan perangkat CC.

Sementara itu, Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Ronald H. Lekransy, menyambut niat baik BMKG Provinsi Maluku terkait publikasi informasi BMKG yang terintegrasi dengan CC Pemkot Ambon.

“Dinas Kominfo akan mudah untuk membantu memberikan semua bentuk informasi yang mengancam keselamatan rakyat di kota ini, dan berharap komunikasi yang baik ini ke depan dapat mendukung pelayanan informasi publik dalam mewujudkan Ambon Smart City,” bebernya

Diakuinya, penyebaran informasi bagi masyarakat dalam kaitan dengan ancaman dan kerentanan bencana adalah aspek prioritas, olehnya itu penyebarluasan informasi peringatan kebencanaan, juga akan dilakukan melalui SMS Broadcast 08114706999 yang dikelola oleh Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon. (“/SM-05))

 

No More Posts Available.

No more pages to load.