Marsma TNI Gladly Mailoa Dimutasi Jelang Purna Tugas

oleh -725 views
oleh
Marsekal Pertama (Marsma) TNI Gladly Mailoa SE. (Foto dok)

suaramaluku.com – Perwira tinggi (Pati) militer asal Maluku, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Gladly Mailoa SE yang menjabat Irben Itjenau dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AU.

Mutasi Mailoa ke Mabes TNI AU tersebut karena dalam rangka pensiun atau purna tugas dari dinas militer.

Penggantinya adalah Marsma TNI Dwi Dedy Gunawan yang sebelumnya sebagai Staf Khusus KSAU menjadi Irben Itjenau.

Seperti diberitakan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kembali melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan sejumlah perwira menengah dan tinggi. Total ada 215 orang yang dimutasi pada awal April 2024 ini.

Para perwira tersebut berasal dari tiga matra. Yaitu TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU). Mereka yang dimutasi selanjutnya akan menempati jabatan baru baik di dalam maupun di luar struktur TNI.

Kebijakan mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/382/IV/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada Senin, 1 April 2024.

Selama berkarier Gladly Mailoa yang lahir pada 30 April 1966, pernah menduduki beberapa jabatan penting baik di Mabes TNI AU maupun Mabes TNI.

Jabatan penting yang pernah dijabat alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988 ini adalah Kepala Keuangan Kodikau, Wakapusku TNI, Kepala Pusat Keuangan (Kapusku) TNI, Kepala Dinas Keuangan TNI AU (Kadiskuau) dan terakhir Irben Itjenau.

Untuk diketahui, dalam SK Panglima TNI tersebut, juga ada dua perwira tinggi asal Maluku lainnya yakni Brigjen TNI Arnold Ritiauw dan Laksma TNI Effendi Maruapey juga dirotasi posisinya, termasuk promosi jabatan Kolonel Inf Frits Willem Rizard Pelamonia.

Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia yang sebelumnya menjabat Kasrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII Cenderawasih dipromosi sebagai Danrem 173/PVB (Biak) Kodam XVII Cenderawasih.

Brigjen TNI Arnold Ritiauw dari posisi Inspektur Divisi Infanteri 3 Kostrad digeser ke jabatan Inspektur Akademi Militer (Akmil).

Sedangkan, Laksma TNI Effendi Maruapey SH MH dari Kepala Oditur Militer Tinggi (Kaotmilti) I Medan Babinkum TNI dimutasi sebagai Direktur Penindakan (Dirtindik) pada Jaksa Agung Muda (JAM) Bidang Pidana Militer Kejaksaan Agung.

Pergantian juga terjad untuk posisi Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI Pattimura dan Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya.

Jabatan Danrem 151/Binaiya (Ambon) Kodam XVI Pattimura yang sebelumnya dijabat Brigjen TNI Aminton Manurung diganti oleh Brigjen TNI Antoninho Rangel Dasilva.

Brigjen TNI Dasilva sebelumnya menjabat Waasintel KSAD Bidang Jemen Intel. Ia tercatat sebagai putra Timor Timur (kini Negara Timor Leste) kedua yang meraih pangkat jenderal.

Sedangkan Brigjen TNI Aminton Manurung dipromosikan sebagai Kasdam II Sriwijaya di Palembang.

Selanjutnya, posisi Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi dimutasikan dalam jabatan baru sebagai Wair Kodiklat TNI AD.

Brigjen TNI Pambudi digantikan oleh Brigjen TNI Dr. Nefra Firdaus Lubis. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.