Masa Jabatan Murad – Orno Berakhir, Pelantikan Pj Gubmal Ditunda

oleh -337 views
oleh
Kantor Gubernur Maluku. (Foto dok).

suaramaluku.com – Masa jabatan Gubernur Maluku (Gubmal) dan Wagub, Murad Ismail dan Barnabas Orno telah berakhir pada Rabu, 24 April 2024.

Namun hingga Rabu pukul 15.00 WIB, belum ada pelantikan Penjabat (Pj) Gubmal oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta.

“Informasinya pelantikan Pj Gubmal ditunda. Karena pak Mendagri dan jajaran sedang persiapan HUT Otonomi Daerah di Surabaya, yang puncaknya pada hari Kamis 25 April 2024,” ungkap sumber media ini di Jakarta.

Hal ini memunculkan spekulasi soal Surat Keputusan (SK) Presiden tentang penetapan dan pengangkatan Penjabat (Pj) Gubernur Maluku (Gubmal) belum diketahui untuk siapa sebenarnya?.

Informasi yang beredar sejak beberapa hari terakhir di Ambon, bahkan sudah muncul berita di media online dan ucapan selamat untuk Sekda Malu,ku, Sadeli Ie telah ditunjuk Presiden sebagai Pj Gubmal sudah beredar di media sosial ramai sekali.

Namun demikian, ada pula media online yang memberitakan bahwa Mayjen TNI Dominggus Pakel yang akan dilantik sebagai Pj Gubmal.

Banyak isu atau informasi yang belum pasti tersebut, lantaran SK Presiden sampai saat ini belum keluar atau “bocor” untuk nama siapa jadi Pj Gubmal.

Sumber media ini di Kemendagri, mengungkapkan sampai Selasa malam (23/4/2024) berkas SK Presiden belum ada di kementerian tersebut.

“Belum ada berkas di meja kami. Mungkin besok baru ada surat resmi. Masih proses (SK Presiden),” ungkap sumber di Kemendagri.

Kabar terakhir yang diterima media ini, masih ada dua nama yang dipertimbangkan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Jokowi yaitu Sadeli Ie dan Mayjen TNI Dominggus Pakel.

Sedangkan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah, sumber media ini menyatakan bahwa Sekda Maluku ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (PLH) Gubmal sampai pelantikan Penjabat Gubernur. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.