Diganti dari Ketua DPW PAN Maluku, Laitupa Terkesan Hindari Pers

oleh -200 views
oleh
Ketua Umum DPP PAN dan Wahid Laitupa. (Foto dok).

suaramaluku.com – Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku, Wahid Laitupa, terkesan hindari kalangan pers saat dihubungi untuk konfirmasi pergantian dirinya secara tiba-tiba.

Kalangan pers di Ambon termasuk media ini yang berusaha menghubunginya via telepon maupun pesan di whatsapp sejak Sabtu (25/5/2024 hingga Minggu malam (26/5/2024), tidak mendapat respon dari Wahid Laitupa. Meskipun ia sedang aktif di akun WA nya.

Seperti diketahui, posisi Wahid Laitupa yang sebagai Ketua DPW Partai PAN Maluku tiba-tiba digantikan oleh Widya Pratiwi, istri mantan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Pergantian itu tertuang dalam SK DPP PAN Nomor :PAN/A/Kpts/KU-SJ/045/V/2024 tentang Perubahan Keempat Kepengurusan DPW PAN Provinsi Maluku Periode 2020-2025 tertanggal 22 Mei 2024.

Dalam SK DPP PAN yang diteken langsung oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Eddy Suparno itu juga menyertakan komposisi kemajemukan keterbukaan dari latar belakang profesional, aktifis, etnis, suku dan agama.

Selain Widya Pratiwi jadi Ketua DPW, juga ditetapkan Haeruddin Tuarita menjabat Sekretaris DPW. Kemudian Murad Ismail sebagai Ketua Majelis Penasehat serta Idrus Tatuhey di posisi Ketua Dewan Kehormatan Wilayah DPW PAN Maluku.

Sementara itu, meskipun tidak merespon konfirmasi wartawan, namun terkesan Wahid Laitupa yang juga Anggota DPRD Maluku ini mengungkap ekspresi pergantiannya di status WA nya yang sempat dilihat media ini, Minggu (26/5/2024).

Ia menulis begini. “‘Sepahit apapun tetap kujadikan sebagai pengobatan diri, sabar dan ikhlas selalu kujadikan sebagai sumber hidupku, Allah Maha Besar’.

Lengsernya Wahid Laitupa secara tiba-tiba dan digantikan oleh Widya Pratiwi tersebut, terpantau sempat menjadi bahan sindiran di berbagai status media sosial.

Untuk diketahui, sosok Wahid Laitupa inilah yang sejak April 2023 menjadi orang yang berjasa mengakomodir Widya Pratiwi di PAN Maluku, di saat suaminya Murad Ismail diberhentikan dari jabatan sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku.

Pasalnya, pasca Murad Ismail diberhentikan dari Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Widya Ismail yang juga pengurus saat itu bersama pengikutnya undur diri dan hengkang ke PAN Maluku.

“Iya benar. Beliau sudah resmi pindah ke PAN,” ujar Laitupa, pada April 2023.

Karena itu, Widya Pratiwi akhirnya resmi jadi Caleg DPR RI dapil Maluku dari PAN. Selain Widya, saat itu Nita Bin Umar (istri Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie) juga pindah ke PAN dan jadi Caleg DPRD Maluku dapil Kota Ambon.

Hasilnya Widya terpilih jadi Anggota DPR RI periode 2024 – 2029. Begitu pula Nita Bin Umar terpilih sebagai Anggota DPRD Maluku untuk lima tahun ke depan. Termasuk Wahid Laitupa dari dapil Maluku Tengah dan Ibrahim Ruhunusa dari dapil Seram Bagian Barat. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.