Museum Siwalima Teken Prasasti Martha Christina Tiahahu dan Pameran Foto Perempuan Hebat Maluku

oleh -371 views

suaramaluku.com – Museum Siwalima Provinsi Maluku secara resmi menandatangani penempatan patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu yang disumbangkan masyarakat Negeri Abubu Pulau Nusalaut di kompleks museum itu dan pembukaan pameran foto perempuan hebat Maluku di berbagai bidang profesinya, Senin (8/11/2021).

Pembukaan pameran foto “Perempuan-Perempuan Hebat Maluku” dilaksanakan setelah penandatanganan prasasti patung Martha Christina Tiahahu oleh Ketua Tim PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad. Kegiatan ini juga menjadi rangkaian dari peringatan ulang tahun ke-48 Museum Siwalima Provinsi Maluku.

Pameran tersebut dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Dr Insun Sangaji menampilkan sekitar 50 potret tokoh-tokoh perempuan dengan berbagai latar belakang pendidikan, generasi, dan bidang yang ditekuni mereka.

Diantaranya bidang kepahlawanan, politik, pemerintahan, ekonomi, kepolisian, sains, kesehatan, olahraga, usaha dan jasa, pendidikan serta sosial kemanusiaan dan lainnya.

Mereka diantaranya Martha Christina Tiahahu, Mathilda Batlayeri (pahlawan Bhayangkari) dan Venska Radjawane (peneliti sains), Brigjen Pol Purn Paula Renyaan (Jenderal Polwan ketiga di Indonesia dan Wakil Gubernur perempuan pertama di Indonesia), Bellaetrix Manuputty (perempuan berdarah Maluku pertama peraih medali emas tunggal putri butangkis SEA Games), Carolina Riewpassa, Emma Tahapary, Irene Truitje Joseph ketiganya pelari yang ikut Olimpiade

Selain itu Ina Bala Wattimena (politikus dan jurnalis perempuan pertama di Maluku), Olivia Latuconsina (komisioner Komnas Perempuan yang juga Wakil Wali Kota Ambon periode 2006-2011), Thea Matrutty (desainer tenun dan perhiasan dari sisik ikan), dan Alvin Tehupeiory (Kowad dan atlet lari), Welmy Pariama (petinju perempuan Maluku pertama peraih mefali emas PON) serta lainnya.

“Pameran ini digelar untuk memotivasi perempuan-perempuan Maluku agar terus berkarya bagi negeri tercinta ini,” ujar Kepala Museum Siwalima, Dra Jean Esther Saiya kepada media.

Dikatakan perempuan memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam kehidupan. Di Maluku, lanjutnya, banyak perempuan hebat yang mendedikasikan dirinya kepada masyarakat dan dunia melalui beragam bidang sosial dan keilmuan yang ditekuni.

Dia menjelaskan kisah mereka bisa menjadi inspirasi bagi kaum perempuan lainnya, khususnya generasi muda, untuk belajar secara tekun dan disiplin, kreatif, mampu mengembangkan diri, dan menumbuhkan daya inovasi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi.

“Dari sini para generasi milenial kita, khususnya kaum perempuan bisa belajar bahwa dengan ketekunan, keuletan, fokus, kerja keras, latihan, kontiunitas dan disiplin menghasilkan masa depan yang gemilang,” tuturnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Rektor Unpatti Prof Dr M.J. Saptenno, Kepala Dinas Pendapatan Maluku Djalaludin Salampessy, Kepala Inspektorat Maluku Rosida Soamole, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon Yance Z. Rumahuru dan sejumlah tokoh agama dan budaya. (SM-12/NP).

No More Posts Available.

No more pages to load.