Resmi Jabat Pangdam Patimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon Salah Satu Pangdam Termuda

oleh -1,763 views

suaramaluku.com – Mayjen TNI Richard TH Tampubolon resmi jabat Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Patimura menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan setelah dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Aula A.H Nasution Mabesad, Rabu (29/12/2021).

Penunjukan Mayjen Tampubolon sebagai Pangdam XVI/Patimura tertuang dalan KEP Panglima TNI Nomor 1128/XII/2021 tanggal 6 Desember 2021.

Mayjen TNI Bambang Ismawan yang digantikan Richard, selanjutnya dipercaya untuk menjabat Komandan Kodiklat TNI dengan promosi sebagai perwira tinggi bintang tiga atau Letjen.

Mayjen TNI Richard TH Tampubolon merupakan alumni Akmil 1992 yang banyak menghabiskan masa dinasnya di satuan elite Kopassus dalam berbagai operasi.

Sebelum dipercaya sebagai Pangdam XVI/Patimura, Richard Tampubolon adalah Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI.

Dengan pelantikan tersebut, maka Mayjen Richard Tampubolon merupakan salah satu Pangdam termuda di Indonesia.

Dalam catatan media ini dan wikipedia.org, Richard Tampubolon adalah orang ketiga yang menjadi Pangdam termuda. Ia kelahiran Jakarta 24 Mei 1969 (52 tahun).

Pangdam termuda saat ini adalah Mayjen TNI Mohamad Hasan lulusan Akademi Militer 1993. Mantan Danjen Kopassus itu lahir 13 Maret 1971 (50 tahun). Ia kini menjabat Pangdam Iskandar Muda di Aceh.

Sedangkan Pangdam termuda kedua adalah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Maruli merupakan alumni Akmil 1992. Ia kini menjabat Pangdam Udayana.

Selanjutnya, ada Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto dan Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso dari Akmil 1991.

Sementara itu, yang paling senior adalah dari angkatan 1987 yaitu Pangdam Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji serta Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto.

No More Posts Available.

No more pages to load.