Kapolda Maluku Bertugas Hingga Akhir Desember, Pangdam Pattimura Tunggu Sertijab

oleh -741 views

suaramaluku.com – Jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku yang saat ini diduduki Irjen Pol Drs Refdi Andri MSi akan mengakhiri tugasnya pada akhir bulan Desember 2021.

Pasalnya, jenderal polisi bintang dua yang sebelumnya menjabat Komandan Korps Lantas Mabes Polri itu, akan purna tugas atau pensiun sesuai aturan usia nya.

Irjen Pol Refdi Andri betdasarkan data, lahir pada 17 Desember 1963. Dengan demikian ia kini telah berusia 58 tahun.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Maluku, Kombes Pol Drs Moh Roem Ohoirat yang dikonfirmasi media ini Selasa (15/12/2021), membenarkan Kapolda Maluku akan purna tugas pada akhir bulan Desember 2021.

“Masa tugas beliau sampai 31 Desember 2021. Nanti 1 Januari 2022 beliau sudah resmi pensiun,” jelas Ohoirat.

Untuk diketahui, Irjen Pol Refdi Andri mulai menjabat Kapolda Maluku sejak 16 November 2020. Ia menggantikan pendahulunya Irjen Pol Pur Baharuddin Djafar.

Sementara itu, untuk posisi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura, telah terjadi pergantian sesuai Skep Panglima TNI Nomor Kep/1128/XII/2021 tertanggal 6 Desember 2021.

Dalam Skep tersebut, jabatan Pangdam Pattimura yang kini masih dijabat oleh Mayjen TNI Bambang Isnawan, selanjutnya akan digantikan oleh Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Figur Mayjen TNI Richard Tampubolon saat ini menjabat Komandan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI. Ia merupakan alumni Akademi Militer tahun 1992.

Tampubolon menggantikan Mayjen TNI Bambang Isnawan yang akan menjabat sebagai Komandan Dodiklat (Dankodiklat) TNI yang merupakan jabatan perwira tinggi bintang tiga (Letjen).

Pangdam Pattimura yang baru nanti, memulai karier berdinas di satuan elit yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Ia banyak bertugas di berbagai operasi. Tampubolon pernah jabat Komandan Grup 2 dan Grup 3 Kopassus serta Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus.

Bila nantinya serahterima jabatan, maka Mayjen Tampubolon termasuk dalam era regenerasi TNI. Pasalnya, jenderal bintang dua ini adalah alumni Akademi Militer tahun 1992 dan kelahiran 1969. Sedangkan jabatan strategis penting TNI kebanyakan diduduki angkatan 1988 hingga 1990.

Belum diketahui jadwal serahterima jabatan Pangdam Pattimura yang baru.

Setbelum serahterima nanti. Maka dalam tahun 2021 saja, Kodam Pattimura sudah dipimpin tiga Pangdam yaitu Letjen TNI Pur Agus Rohman, Letjen TNI Jeffry Rahawarin yang sudah dipromosi jadi Pangkogabwilhan III, kemudian MayjenTNI Bambang Isnawan yang juga dipromosi ke pangkat Letjen. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.