Mayjen Richard Naik Bintang 3, Ruruh Aris Jadi Pangdam Pattimura, Wahyu HS Jabat Danpaspampres

oleh -280 views

suaramaluku.com – Rotasi dan mutasi kembali terjadi di jajaran TNI. Kali ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukannya terhadap 180 perwira tinggi (pati) dan menengah (pamen) TNI AD, AL maupun AU di seluruh Indonesia,

Mutasi jabatan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 6Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dari kalangan perwira tinggi, salah satu yang dimutasi promosi adalah posisi Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Richard Horja Taruli Tampubolon. Alumni Akademi Militer (Akmil) 1992 itu, selanjutnya akan menjabat Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad).

Dengan posisi baru sebagai Irjenad, maka Mayjen Richard Tampubolon hanya menjabat Pangdam Pattimura selama sekitar 7 bulan dan akan naik pangkat menjadi pati bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen).

Posisi Richard Tampubolon yang mantan Pangkoopsus TNI dan Wadanjen Kopassus tersebut, digantikan oleh Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, yang kini menjabat sebagai Deputi V Bidang Intelijen Teknologi Badan Intelijen Negara (BIN).

Ruruh Aris Setyawibawa merupakan alumnus Akmil 1988. Ia pernah menjabat Komandan Kodim 0101/Aceh Besar, Komandan Korem 012/Teuku Umar, Kabinda Aceh BIN serta Kabinda Sumatera Utara BIN.

Selain itu, Panglima TNI Andika Perkasa juga menggantikan Direktur Maluku dan Papua pada Deputi Intelijen Dalam negeri Brigjen TNI Hardani Lukitananta dengan Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho.

Saat ini Adrianus Suryo Agung Nugroho, menjabat Kabinda Nusa Tenggara Timur. Brigjen TNI Hardani Lukitananta, digeser ke Kalimantan Timur sebagai Kabinda.

Jabatan strategis lainnya yang dimutasi adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Dan Paspampres) yang akan dijabat Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko. Ia menggantikan Mayjen TNI Budi Utomo yang dimutasi menjadi Pangdam VI/Mulawarman.

Sebelumnya, Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko menjabat sebagai Wadan Paspampres. Posisi Wadan Paspampres akan diisi oleh Brigjen TNI Mar Oni Junianto yang sebelumnya menjabat sebagai Dandenma Mabes TNI.

Jenderal Andika Perkasa juga mengangkat Letjen TNI Rudianto sebagai Kabais TNI menggantikan Letjen TNI Joni Supriayanto yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Sebelum diangkat sebagai Kabais TNI, Rudianto menjabat Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad). Jabatan itu akan diduduki Mayjen TNI Richard Tampubolon yang kini Pangdam Pattimura. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.