Kenang Zeth Lekatompessy, Tolak Ajakan Berkarier Nyanyi di Jakarta dan Peraih Rekor MURI

oleh -1.484 views

suaramaluku.com – Belum satu bulan dunia musik Ambon Maluku Indonesia berduka, karena meninggalnya penyanyi wanita senior, Joice Pupella. Kini kembali lagi kita kehilangan penyanyi legendaris, Zeth Lekatompeesy.

Om Zeth atau Bapa Teka, begitulah panggilan akrab sehari-harinya. Beliau meninggal di rumahnya akibat sakit yang diderita pada Jumat 11 Februari 2022 di Negeri Amahusu dalam usia 81 tahun.

Nama Zeth Lekatompessy di kalangan penyanyi atau musisi senior di Indonesia, tentu tak asing lagi. Nama itu sangat familiar, populer, berkualitas dan melegenda dengan kemampuan vokalnya.

Om Zeth lahir di Negeri Amahusu, kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon pada 4 Juni 1941. Ia beristrikan almarhumah Henderina Matitaputy, memiliki tujuh anak dan 15 cucu.

“Papa meninggal karena sakit. Antua (beliau) punya paru-paru sudah rusak (dalam kondisi parah),” ungkap salah satu anak almarhum, Ervita Lekatompessy kepada media ini via Whatsapp, Jumat (11/2/2022).

Menurutnya, jenasah almarhum akan dimakamkan pada hari Minggu 13 Februari 2022 pukul 14.00 WIT.

Sosok Zeth Lekatompessy di dunia menyanyi dan hiburan boleh dibilang agak prinsip. Sebab, meskipun memiliki kemampuan vokal dan nyanyi sejak usia muda bahkan berprestasi. Namun beliau tidak pernah mau berkarier dan merantau di Jakarta, Bandung atau Surabaya.

Padahal om Zeth pernah menjuarai even Bintang Radio di RRI Ambon tahun 1972. Ia juga bebetapa kali mewakili Maluku di Jakarta. Beliau juga bersama Tim Kesenian Maluku pernah mewakili Indonesia di Belanda tahun 1980-an.

No More Posts Available.

No more pages to load.