Jeffry Rahawarin Wakili Panglima TNI Beri Bantuan Generator Oksigen untuk RSUD Wamena

oleh -522 views

suaramaluku.com – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyerahkan bantuan generator oksigen kepada Bupati Wamena John Richard Banua di Kantor Bupati Kabupaten Jayawijaya, Kamis (2/9/2021).

Bantuan Generator Oksigen itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di RSUD Wamena.

Mayjen Rahawarin yang sebelumnya menjabat Pangdam Pattimura, menegaskan bahwa pandemi Covid-19 sampai kini masih terjadi. Sehingga penanganan pasien sangat memerlukan ketersediaan oksigen yang cukup, sementara oksigen pada masa tertentu mengalami kekurangan stok.

“Pasien dengan gejala berat membutuhkan ventilator atau alat bantu pernapasan yang dapat mensuplai oksigen ke tubuh mereka. Ini mengandung konsekuensi bahwa kebutuhan oksigen menjadi sangat vital, sehingga kemampuan rumah sakit untuk menyediakan oksigen bagi pasien Covid-19 merupakan suatu prioritas,” ujar jenderal bintang dua kelahiran Ambon ini dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Menurutnya, metode lama yang mengandalkan pengiriman tabung gas oksigen atau liquid oksigen mungkin tidak akan cukup lagi, kekurangan atau kelangkaan oksigen dapat saja terjadi karena produksi dari tabung oksigen sudah maksimal, sementara kebutuhan masih belum tercukupi.

“Kelangkaan oksigen ini memerlukan langkah pemecahan, generator oksigen adalah solusi tepat bagi rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan, karena kemampuan mesin generator oksigen untuk memproduksi oksigen di rumah sakit dapat menjamin oksigen terus ada pada saat dibutuhkan oleh pasien,” ujarnya.

Rahawarin menyampaikan, generator oksigen merupakan bentuk perhatian dan partisipasi aktif TNI dan komponen bangsa  lainnya dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Jayawijaya.

“bantuan generator oksigen ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan mencegah terjadinya kelangkaan oksigen dalam penanganan Covid-19, sehingga dapat menekan angka kematian pasien di Kabupaten Jayawijaya,” kata Rahawarin, yang dalam waktu dekat ini akan naik pangkat menjadi bintang tiga (Letjen).

Bantuan generator oksigen itu diterbangkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 A-1331 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang Jawa Timur pada hari Rabu, 1 September 2021 lalu.

Pesawat yang membawa alat itu, sempat transit di beberapa Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Udara, diantaranya, Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Lanud Patimura Ambon, Lanud Yohanis Kapiyau, dan terakhir baru ke Lanud Wamena Kabupaten Jayawijaya. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.