Legenda Timnas Belanda Berdarah Maluku, Giovanni VB Gantikan Steven Gerrard di Rangers FC

oleh -543 views
Giovanni VB berpose dengan jersey Rangers FC. -dokumen klub rangers fc-

suaramaluku.com– Mantan kapten timnas Belanda di Piala Dunia 2010 berdarah Maluku Indonesia, Giovanni van Bronckhorst akhirnya ditunjuk manajemen Rangers FC untuk melatih tim yang bermarkas di Ibrox Stadium. Kesepakatan kontrak pun telah disetujui kedua belah pihak.

Mantan pemain Feyenoord, Rangers, Arsenal, dan Barcelona itu dilaporkan telah teken kontrak berdurasi tiga setengah tahun hingga 2025, Kamis (18/11/2021).

Sebelumnya Rangers FC dilatih oleh legenda Liverpool dan timnas Inggris, Steven Gerrard yang telah pergi untuk melatih klub Liga Utama Inggris Aston Villa.

“Saya sangat senang bisa kembali ke Rangers sebagai manajer baru klub,” kata van Bronckhorst, yang akan diperkenalkan pada Senin, pekan depan.

Pelatih yang bernama lengkap Giovanni Christian van Bronckhorst ini adalah putra dari Victor van Bronckhorst dan Fransien Sapulete, keduanya betdarah Indo Belanda dan Negeri Ullath, Saparua, Maluku Tengah.

Dan nenek dari garis ayahnya bermarga Manuhuttu, sedangkan nenek dari garis ibunya bermarga Lilipaly, Ia masih bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen/dialek Ambon walaupun tidak fasih.

Pasca pensiun sebagai pemain, Giovani beralih menjadi pelatih dan menangani mantan klubnya Feyenoord di Eredivisi Belanda. Ia kemudian pindah melatih di klub Liga Super China, Guangzhou FC.

Pertandingan pertama Bronckhorst sebagai pelatih Rangers FC akan berlaga di Liga Europa melawan Sparta Prague.

Rangers saat ini juga unggul empat poin di puncak Liga Utama Skotlandia. Meraka juga masih dalam perburuan untuk lolos dari grup Liga Europa  dan menghadapi Hibernian di semifinal Piala Liga.

“Saya merasa sangat beruntung bisa bekerja dengan skuad yang berada dalam posisi bagus di semua lini dan sebagian besar memiliki pengalaman menjadi pemenang,” ungkap Giovanni.

“Saya berharap melanjutkan dan meningkatkan pekerjaan yang telah dilakukan bersama Ross Wilson dan dewan klub. Dan bersyukur atas kesempatan untuk bekerja lagi di klub besar ini. Saya tidak sabar untuk bertemu pendukung klub yang luar biasa lagi dan memulai era baru ini untuk kita semua.”

Sesuai data wikipedia.org, selama karier klubnya van Bronckhorst main untuk RKC Waalwijk (1993-1994), Feyenoord (1994-1998), Rangers (1998-2001), Arsenal (2001-03), FC Barcelona (2003-07), dan bermain lagi di Feyenoord (2007-10).

Dia adalah pemain penting dalam kemenangan Barcelona di Liga Champions UEFA 2005–06, berada di starting line-up final Liga Champions UEFA 2006 melawan klub lamanya Arsenal, setelah bermain di setiap pertandingan Liga Champions untuk Barcelona musim itu.

Ia main sebanyak 106 kali untuk tim nasional Belanda, dan bermain di tiga Piala Dunia (1998, 2006 dan 2010), serta tiga Kejuaraan Eropa (2000, 2004, dan 2008).

Giovanni menjadi kapten tim Oranje pada Piala Dunia 2010 dan membawa timnya ke Final Piala Dunia FIFA 2010. Namun di final, Belanda kalah dari Spanyol dengan skor 1-0. Setelah Piala Dunia 2010, ia pensiun sebagai pemain.

Dengan melatih Rangers FC di liga utama Skotlandia, maka Giovanni VB merupakan pelatih berdarah Maluku kedua yang melatih klub-klub liga utama di Eropa setelah Jos Luhukay.

Luhukay diketahui pernah melatih di Bundesliga Jerman, Belanda, dan Premiere League Inggris.

No More Posts Available.

No more pages to load.