Siapakah Atlet Maluku Peraih Medali Terbanyak Sepanjang Sejarah PON ?

oleh -4.206 views

suaramaluku.com – PON XX 2021 Papua telah berakhir dan resmi ditutup oleh Wapres KH Maruf Amin, Jumat (15/10/2021). Kontingen Jawa Barat keluar sebagai juara umum, posisi ruuner up DKI, ketiga Jatim, keempat Papua dan kelima Bali.

Sedangkan kontingen Maluku menduduki peringkat ke-21. Dengan perolehan medali 5 medali emas, 4 perak dan 6 perunggu.

Raihan 5 emas Maluku sama dengan kontingen NTT (urutan 19) dan Sulawesi Tenggara (20). Namun Maluku kalah perolehan medali perak.

Dengan hasil tersebut, maka peringkat kontingen Maluku turun satu strip dibanding PON 2016 Jawa Barat yang menduduki posisi ke-20 dengan perolehan 7 medali emas, 3 perak, 9 perunggu.

Terkait dengan itu. Menjadi pertanyaan berpuluh tahun sejak Maluku partisipasi di PON II 1951 Jakarta hingga PON XX 2021 Papua, siapakah atlet Maluku yang meraih medali (emas, perak, perunggu) terbanyak sepanjang sejarah even olahraga itu?

Media ini mencoba mencari arsip, data, informasi dan hubungi para mantan atlet Maluku yang sukses meraih medali terutama emas, meski tidak semua nara sumber bisa dihubungi karena sudah meninggal dan tinggal di luar Ambon, namun data informasi yang diperoleh sudah bisa direkap totalnya.

Dari hasil pengumpulan data dan informasi, peraih medali terbanyak adalah didominasi atlet dari cabang atletik, disusul tinju, dayung, taekwondo, kempo dan lainnya.

Namun demikian, ada atlet yang banyak memperoleh medali emas setelah ikut empat kali edisi PON, karena hanya cabang perorangan per kelas.Tetapi ada juga yang hanya ikut dua kali PON sudah mampu merebut beberapa emas, lantaran si atlet ikut beberapa nomor termasuk estafet di atletik atau beregu di dayung.

Catatan ini juga hanya mengkhususkan pada atlet yang merebut medali saat memperkuat kontingen Maluku saja. Sebab ada sebagian atlet yang ikut empat kali PON, namun kemudian pindah ke provinsi lain juga mampu peroleh medali namun raihan nya bukan untuk Maluku lagi.

Selain itu, ada atlet yang sudah ikut lebih dari satu kali PON, namun belum berhasil rebut emas hanya perak dan perunggu, penulis tidak masukan dalam catatan ini.

Berikut ini urutan dan daftar peraih medali terbanyak terutama emas untuk kontingen Maluku sepanjang sejarah ajang bergengsi PON digelar dari partisipasi Maluku sejak PON II 1951 – 2021.

No More Posts Available.

No more pages to load.