Lumongga Jabat Kapolresta Ambon, Huwae Dirreskrimsus, Abrahamsz Dirbinmas, Muskitta Dirintelkam

oleh -707 views

suaramaluku.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran di akhir tahun 2021 ini. Total ada 660 orang perwira tinggi dan menengah Polri yang dirotasi dan mutasi.

Terkait dengan itu, Kapolri menerbitkan empat surat telegram mutasi dan rotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen), yakni ST/2567/XII/KEP./2021, ST/2569/XII/KEP./2021, ST/2568/XII/KEP./2021 dan ST/2570/XII/KEP./2021 tertanggal 17 Desember 2021 yang diteken oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Wahyu Widada.

Untuk Polda Maluku, jabatan perwira tinggi yang dimutasi adalah Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri yang diangkat sebagai Staf Ahli Kapolri dalam rangka pensiun. Penggantinya adalah Irjen Pol Lotharia Latif yang kini jabat Kapolda NTT. Mutasi ini satu paket dengan 6 Kapolda lainnya.

Sedangkan untuk posisi perwira menengah di lingkungan Polda Maluku, ada beberapa jabatan penting yang mengalami pergantian dan pergeseran serta penugasan untuk persiapan naik ke perwira tinggi.

“Iya benar. Ada empat Surat Telegram Kapolri. Termasuk mutasi di jajaran Polda Maluku,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Drs Moh Roem Ohoirat, Sabtu (18/17/2021).

Diantaranya jabatan Kapolresta Ambon yang dijabat Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang, dimutasikan dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dalpers SSDM Polri dalam rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-31 TA 2022

Posisi yang ditinggalkan Leo Nugraha diisi oleh AKBP Raja Arthur Lumongga yang sebelumnya menjabat Wadirpamobvit Polda Maluku. Dengan demikian Lumongga akan naik pangkat Kombes atau tiga melati.

Berikutnya posisi Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Maluku, akan diisi oleh Kombes Pol Harold Wilson Huwae. Ia sebelumnya jabat Kepala SPN Polda Papua Barat. Dia gantikan Kombes Pol. Eko Santoso yang dimutasi sebagai Dirpamobvit Polda DIY.

Selain itu, posisi Direktur Binmas (Dirbinmas) Polda Maluku akan dijabat oleh AKBP Denny Abrahamsz yang sebelumnya sebagai Dirtahti Polda Jatim. Berarti ia akan naik pangkat jadi Kombes.

Denny Abrahamsz gantikan Kombes Pol. Andy Ervyn yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri dalam rangka Dik Sespimti Polri ke-31 TA 2022.

Selanjutnya, untuk jabatan Direktur Intelkam Polda Maluku akan diisi oleh Kombes Pol. Rali Muskitta. Jabatan sebelumnya yakni Agen Intelejen Kepolisian Madya TK. III Baintelkam Polri.

Muskitta menggantikan Kombes Pol. Yosef Sriyono Joko Handoni yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri. Ini dalam rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-31 TA 2022.

Selain itu, mutasi lainnya yaitu Kombes Pol. Muhamad Yusuf dari Karo SDM Polda Maluku dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Akpol Lemdiklat Polri dalam rangka Dik Lemhannas PPRA TA 2022.

Posisi Karo SDM Polda Maluku diisi oleh Kombes Pol. Denny Yono Putro yang sebelumnya Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra Polri.

Sementara Kombes Pol. Antonius Wantriyulianto dari Karo Ops Polda Maluku diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis Utama TK II Baintelkam Polri dalam rangka Dik Sespimti Polri ke-30 TA 2022.

Posisi Karo Ops selanjutnya dijabat Kombes Pol. Asep Saepudin yang sebelumnya Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Dalam mutasi kali ini, juga terdapat nama putra Maluku yaitu Brigjen Pol Jacob Alexander Timisela yang pensiun. Jabatan terakhirnya adalah Inspektur V Kementerian ESDM. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.