Konflik Antar Kampung di Pulau Haruku Maluku Tengah, Brimob dan TNI Dikirim

oleh -670 views

suaramaluku.com – Konflik antar negeri (kampung) terjadi antara dua desa bertetangga, Ory dan Kariu di Pulau Haruku, Maluku Tengah Provinsi Maluku, Rabu (26/1/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Moh Roem Ohoirat yang dikonfirmasi media ini, membenarkan adanya insiden tersebut.

“Benar. Ada kejadian antara Negeri Ory dan Kariu di Pulau Haruku. Awalnya salah paham antara warga kedua desa itu sejak Selasa kemarin. Lalu timbulkan konsentrasi massa dan merembet sampai Rabu pagi,” ungkap Ohoirat.

Menurutnya, Komandan Kodim 1504 dan Kapolresta Ambon sudah berkordinasi dan juga bergerak ke sana. Termasuk 1 satuan setingkat kompi (SSK) Brimob Polda Maluku sudah dikirim ke lokasi.

“Satu SSK Brimob Polda Maluku sudah dikirim untuk perkuat aparat Polsek dan Koramil di sana,” katanya.

Ia menjelaskan, informasi lapangan ada korban luka dan jiwa serta pembakaran rumah. Namun pihaknya kesulitan dapatkan data yang pasti atau valid, karena komunikasi dan sikon disana.

“Soal korban kerugian di kedua belah pihak memang ada. Namun data pastinya belum diketahui. Karena aparat turun untuk meredam situasi dulu.,” tuturnya.

Yang pasti, lanjut Ohoirat, satu aparat keamanan mengalami luka tembak akibat melerai konflik tersebut. “Aparat yang terluka sudah dievakuasi ke Ambon untuk perawatan,” ujarnya.

Ohoirat menambahkan, masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi. Serahkan dan percayakan penanganan nya ke aparat keamanan. “Saya minta masyarakat tenang dan tidak terprovokasi”.

No More Posts Available.

No more pages to load.