Naomi Pattiwael, Penerus Vanity Lewerissa di Timnas Wanita Belanda

oleh -792 views
Naomi Pattiwael (kiri) dan Vanity Lewerissa (kanan). -dokumen-

suaramaluku.com – Pesepakbola tim nasional Oranje Belanda yang keturunan Maluku Indonesia, bukan lagi berita baru. Para pemain Jong Ambon (Maluku) sudah berkiprah sejak era 1970 an hingga kini.

Kita bisa sebut nama-nama para legenda seperti Simon Tahamata, Sonny Silooy, Danny Landzaat, Bart Latuheru, Giovani van Bronchorst dan lainnya.

Itu di timnas. Masih banyak pemain keturunan Maluku Indonesia yang berkiprah di klub-klub liga utama negeri kincir angin tersebut sjak dulu hingga kini, bahkan sampai ke liga Jerman, Italia, Inggris, Belgia serta lainnya.

Namun terkini di bagian sepakbola wanita, ada satu nama pemain keturunan Maluku yang populer dan turut perkuat timnas putri Belanda di level internasional.

Dia adalah Naomi Margaretha Pattiwael. Lahir pada 21 Juli 1998. Ia kini bermain pada posisi striker atau penyerang di klub terkenal, PSV Eindhoven.

Naomi menjadi penerus pemain sepakbola putri senior keturunan Maluku, seperti Roxanne Hehaikaja, Vanity Lewerissa dan Carmen Manduapessy.

Vanity lah yang paling berpengalaman dan berprestasi di timnas senior Belanda dan klub AFC Ajax Amsterdam.

Bersama tim tersebut, Vanity sukses menjadi top skor Ajax Vrouwen di ajang Liga Champions di musim 2018/19.

Ia juga sukses bersama Timnas wanita Belanda. Vanity Lewerissa bahkan telah mengantarkan Belanda menjadi juara Women Euro Championship pada tahun 2017 lalu.

Sementara itu, Naomi Pattiwael memulai karier dari sebuah tim sepakbola junior bernama VV Scharn di Belanda. Ia melakukan debutnya di usia 19 tahun.

Setelah itu peluang Naomi untuk bergabung dengan Timnas Belanda langsung terbuka. Pada 2017 lalu, wanita yang kini berusia 23 tahun itu ikut ambil bagian dalam perjuangan Timnas Belanda di Kualifikasi Piala Eropa.

Naomi Pattiwael berhasil membawa Timnas Belanda sampai ke babak Semi Final dalam turnamen tersebut. Ia juga dipercaya memperkuat Timnas Belanda dalam ajang Piala Dunia U-20 pada 2018 lalu.

Sempat bergabung dengan tim CTO Ziud, Naomi Pattiwael telah terikat kontrak selama dua tahun dengan PSV Eindhoven.

Ia telah tampil bersama klubnya di kompetisi tertinggi Eredivisie Wanita 2021-2022 sebanyak 13 kali, mencetak 3 gol, umpan gol (assist) 2 kali.

Bersama PSV Eindhoven, Naomi juga sudah bermain di level Liga Champions Wanita UEFA 2021-2022 sebanyak dua kali. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.