Kasus Covid 19 Naik, Empat Meninggal, Kota Ambon Masuk Zona Orange

oleh -455 views

suaramaluku.com – Setelah beberapa bulan sejak akhir tahun 2021 Kota Ambon sempat masuk Zona Hijau penyebaran wabah Covid 19, kini kota berjuluk Manise ini kembali berada di Zona Orange sejak akhir Januari 2022.

“Wilayah Kota Ambon sejak 30 Januari 2022 telah masuk Zona Orange. Ini akibat peningkatan status orang yang terkonfirmasi terkena virus itu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg Wendy Pelupessy/P kepada media ini, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, Kota Ambon sekarang masuk Zona Orange dengan skor 2,37. Sedangkan data terkini yang terkonfirmasi positif sebanyak 1093 orang.

“Selain jumlah orang terkonfirmasi positif 1093. Juga dalam dua minggu terakhir sebanyak empat orang meninggal dunia,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus lebih meluas, Pemkot Ambon sudah siapkan karantina terpusat di Asrama Haji kawasan Waiheru.

“Iya, kita siapkan di Waiheru. Khisusnya yang Kota Ambon punya. Kami juga harap kesadaran masyarakat untuk sama-sama hadapi virus tersebut,” katanya.

Drg Wendy menambahkan, yang paling penting untuk mengendalikan Varian Omicron sesuai arahan Presiden adalah tingkatkan vaksinasi termasuk Booster dan perketat Prokes terutama menggunakan masker yang benar dan lainnya.

Sementara itu, sebelumnya terkait dengan naiknya angka positif Covid 19, maka Walikota Ambon Richard Louhenapessy, telah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan OPD, Lurah, Kades, Raja bahkan dengan seluruh kepala Puskesmas, Kamis (3/2/2022).

Oleh karena itu Pemerintah Kota Ambon langsung mengambil langkah-langkah antisipatif sesuai dengan protap.

Menurut Walikota, sebagai langkah pertama dikeluarkan lagi instruksi Walikota, dalam upaya mengatur kembali seluruh mekanisme sosial di kota ini, sesuai dengan protokol kesehatan dan level yang ada.

“Untuk level PPKM Kota Ambon, Mendagri telah menetapkan kita berada di level 2 lagi. Kemarin kita level 1 sekarang level 2. Kemarin kita sempat zona hijau, sekarang tidak lagi,” jelasnya. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.