Wabup Pegunungan Bintang Papua yang Meninggal Mantan Pemain PS Bintang Timur Ambon

oleh -947 views

suaramaluku.com – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pegunungan Bintang. (Pegubin) Provinsi Papua, Piter Kalakmabin, telah meninggal dunia pada Kamis 28 Oktober 2021 pagi.

“Benar sekitar pukul 11.09 WIT, Waki Bupati Pegunungan Bintang bapak Piter Kalakmabin dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oksibil,”ujar Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukaminto, seperti dilansir beberapa media online.

Dijelaskan, awal kejadiannya pada pukul 07.07 WIT, Piter Kalakmabin masuk ke dalam kamar mandi. Namun sampai pukul 08.00 WIT sudah tidak ada suara sehinggga keluarga mendobrak pintu kamar mandi.

“Almarhum ditemukan sudah tidak sadar diri di dalam  kamar mandi. Pada pukul 08.25 WIT dibawa ke Rumah Sakit Oksibil, dokter telah berupaya melakukan tindakan medis, namun pukul 11.05 WIT wakil bupati dinyatakan meninggal dunia,” jelasnya

Kabar duka itu juga sampai ke kota Ambon. Pasalnya, sang Wabup itu semasa mudanya kuliah di Universitas Pattimura (Ambon) dan juga adalah pemain sepakbola di klub PS Bintang Timur Ambon yang saat itu asuhan Heygel Tengens dkk.

Rasa duka cita itu disampaikan dua rekan satu klub nya di PS Bintang Timur Ambon yakni Michael Izaac (Izaac Tjio) dan Roberth Laisina pada akun media sosial FB mereka.

“Kaget dengar kabar duka, padahal terakhir telponan janjian ketemu di Jakarta Sempat lihat di tv saat ale urus PON 2020 Papua kemarin. Rip Piter Kalakmabin, Wakil Bupati Pegunungan Bintang Papua, eks Pemain PS Bintang Timur Ambon.
Turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan,” tulis Izaac, striker klub itu semasa bermain dengan almarhum.

Sedangkan Laisinia juga menulis status senada. “Turut berduka cita yg dalam atas meninggalnya WAKIL BUPATI PEGUNUNGAN BINTANG .Bpk PIETER KALAKMABIN. Mantan Pemain PS BINTANG TIMUR AMBON,” ujar Laisina yang merupakan kiper saat itu.

Menurut Izaac, Wabup Pegunungan Bintang itu semasa di Ambon menjadi pemain sepakbola di klub Bintang Timur era 1993 hingga 1996.

“Almarhum kuliah di Unpatti. Tapi beta lupa fakultas apa. Saat di klub Bintang Timur, almarhum main posisi pemain sayap. Sempat bersama beliau kami rebut juara kompetisi PSA tahun 1995 kalau tidak keliru final dengan PS Virgin,” ungkap Izaac, yang menjadi kapten tim waktu itu kepada media ini, Jumat (29/10/2021).

Ia menambahkan, setelah kembali ke Papua, Piter Kalakmabin aktif di Partai Golkar dan juga pengurus PSSI di sana.

Bahkan saat PON XX 2021 Papua, almarhum Pieter Kalakmabin sempat menjadi ketua tim sepakbola putri Papua yang berlaga pada even nasional tersebut.

“Kami kehilangan sahabat dan rekan seperjuangan di klub Bintang Timur Ambon,” tutur Izaac, sedih.

Sementara itu, secara terpisah, mantan Ketua Harian PSA Ambon, Dirk Soplanit terkejut atas kabar duka tersebut. Ia mengaku kenal baik almarhum Pieter Kalakmabin.

“Saya kenal baik almarhum. Kami sering ketemu di acara atau Kongres PSSI. Beliau salah satu utusan dari Papua. Terima kasih infonya ya. Kami kehilangan dan rasa duka cita atas kepergiannya,” ungkap Soplanit, yang kini anggota Executive Committe (Exco) PSSI di Jakarta.

(SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.