Kontingen NPC Maluku Tiba di Ambon dengan 14 Medali, Bonus Sama Atlet PON

oleh -707 views

suaramaluku.com – Kontingen NPC (National Paralympic Committe) Indonesia Provinsi Maluku, yang selesai ikut Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua, tiba kembali di Ambon setelah transit di Makassar.

Rombongan yang terdiri dari atlet 33 orang, official 10 orang dan Satgas 4 orang itu, dijemput Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku, Sandi Wattimena ST beserta stafnya di Bandara Internasional Pattimura, Selasa (16/11/2021).

Pada even nasional atlet difabel yang ditutup Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kota Jayapura, Sabtu (13/11/2021), kontingen Maluku total meraih 14 medali terdiri dari 4 emas, 2 perak dan 8 perunggu.

Dengan hasil tersebut menempatkan Maluku menduduki peringkat 17 dari 33 kontingen peserta. Sedangkan 4 emas dihasilkan dari atlet cabor tenis meja, renang dan atletik.

Sandi Wattimena yang juga merupakan pimpinan kontingen NPC Maluku kepada media ini, Selasa (16/11/2021), mengatakan, setelah tiba rombongan dibawa ke Aula Kantor Dispora untuk proses antigen sesuai protap Covid 19, barulah rombongan kembali ke rumah masing-masing.

Ditanya apakah para atlet NPC peraih medali juga diberikan bonus oleh Pemprov Maluku? Ia mengatakan pasti ada.

“Bonus pasti ada. Tapi kita masukan pada awal tahun anggaran 2022. Usulannya sama dengan bonus untuk peraih medali di PON Papua juga,” ungkap Sandi.

BACA JUGA:

 

Untuk diketahui, 4 medali emas kontingen Maluku diperoleh melalui Barce Layaba di cabor tenis meja kursi roda putra TT-5, kemudian Adyos Astan di tenis meja kursi roda putra TT4, Apia Rumbaru di renang nomor 200 meter gaya bebas putri S10 dan pelari Erens Sabandar di nomor 800 meter putra TD-45.

Perenang Apia Rumbaru selain berhasil merebut medali emas, juga sukses mencetak rekor nasional (Rekornas) baru di nomornya.

Sedangkan 2 medali perak Maluku dipersembahkan oleh Calvin Misael Ruhulessin pada cabor atletik 1500m Putra T-54 dan Teddy Nidjaya di cabor menembak 10m SH-2.

Kemudian 8 medali perunggu diperoleh melalui Elvin Sesa dari cabor atletik 400 m putri T-20), Aisah Nahumarury renang gaya bebas 100 m putri S-9, Ongen Wally renang gaya bebas 100 m S-8, Simson Marengkey tenis meja putra TRW.

Fuad Zainal Pellu tenis meja kursi roda putra TT-5, dan Ongen Wally renang 50 m gaya kupu-kupu putra. S-8 serta tenis meja beregu putra kursi roda T.1-5 oleh atlet Barce Layaba dan Fuad Zainal Pellu serta Andre Mahulete di renang nomor 50 meter gaya bebas putra LCM-9. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.