Jordi Amat, Pesepakbola Berpaspor Spanyol Keturunan Makassar dan Banda Neira Maluku

oleh -740 views
Jordi Amat dengan ban kapten di lengannya. -dokumen-

suaramaluku.com – Empat calon pemain sepakbola yang akan dinaturalisasi oleh PSSI, diharapkan segera datang ke Indonesia untuk mengikuti proses jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Keempat pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen. Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebut pengumpulan kelengkapan administrasi mereka berjalan lancar.

“Keempat pemain itu sudah bersedia. PSSI dan agen mereka terus berkomunikasi dan semua berlangsung dengan baik. Mudah-mudahan mereka secepatnya datang ke Indonesia walau kami menyadari mereka masih memperkuat timnya masing-masing,” kata Yunus dikutip Antara.

Kebijakan menaturalisasi para pemain itu merupakan permintaan langsung pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Nah, bila sebelumnya media ini telah menulis tentang profil Ragnar Oratmangoen, pemain di liga utama Belanda yang berdarah Tanimbar, Provinsi Maluku.

Maka kali ini akan diekspos profil Jordi Amat, pemain berpaspor Spanyol dan pernah masuk skuad timnas U-17, U-19 dan U-21 Spanyol yang dilatih coach Luis Milla. Ia juga pernah dilatih Mauricio Pochettino, mantan pelatih Tottenham Hotspur dan kini tangan Lionel Messi dkk di PSG.

Siapa Jordi Amat? Bagaimana dia memiliki darah atau keturunan Indonesia? Berikut rangkumannya dari berbagai referensi dan sumber.

Jordi bernama lengkap: Jordi Amat Maas. Ia lahir: 21 Maret 1992 (29 tahun) di Canet de Mar, Catalunya Spanyol.

Jordi Amat belum lama ini buka-bukaan soal dirinya yang memiliki darah Indonesia secara khusus kepada media internasional, Goal.

“Saya telah bermain sepakbola profesional selama 12 tahun di Eropa, dan saya ingin membawa pengalaman tersebut ke Asia, dengan memberikan apa yang saya punya dan bakti saya kepada Indonesia,” katanya dikutip dari Goal.

Dalam wawancara ekslusifnya dengan Goal, Jordi Amat mengaku punya darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sang nenek keturunan dari raja di nusantara yakni M.D Kansil atau Manalang Doelag Kansil yang tak lain raja ke-17 Kerajaan Siau yang terletak di Sulawesi Utara pada periode 1895 hingga 1908.

No More Posts Available.

No more pages to load.