Kapolres Malteng, SBB dan Tanimbar Diganti, Brigjen Louhenapessy ke BIN

oleh -809 views
Kapolres Malteng AKBP Rosita Umasugi, yang merupakan Polwan pertama di Maluku yang jabat Kapolres dimutasikan ke Polda Maluku. -dok-

suaramaluku.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Total ada 200 perwira yang masuk daftar mutasi dan promosi dalam kebijakan terbaru Kapolri. Hal itu tertuang dalam tiga Surat Telegram Kapolri, masing-masing Nomor: ST/164/I/KEP./2022; ST/165/I/KEP./2022; dan ST/166/I/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Telegram tertanggal 24 Januari 2022 tersebut ditandatangani Asisten SDM atas nama Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada.

Dalam kebijakan mutasi terbaru ini terdapat 66 kapolres dan kapolresta (termasuk kapolrestabes) yang diganti. Sebagian dirotasi alias hanya bergeser tempat tugas, tetapi ada pula yang mendapatkan jabatan baru di divisi lain atau di Polda.

Dari 66 Kapolres yang dimutasi tersebut, tiga diantaranya di wilayah Polda Maluku dan tiga lainnya di Polda Maluku Utara (Malut).

Di wilayah Polda Maluku, tiga Kapolres yang dimutasi adalah Kapolres Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Barat (SBB) dan Kepulauan Tanimbar. Sedangkan di Malut yaitu Kapolres Ternate, Halmahera Selatan dan Kepulauan Sula.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Moh Roem Ohoirat yang dihubungi media ini, membenarkan adanya telegram Kapolri tersebut.

“Iya. Tapi belum serah terima. Rencana nya mungkin minggu depan,” ujar Ohoirat, Kamis (3/2/2022).

Dalam SK Kapolri tersebut, Kapolres Malteng yang dijabat AKBP Rositah Umasugi.yang merupakan Polwan pertama jadi Kapolres di Maluku, akan digantikan oleh AKBP Abdul Ghafur dari Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Maluku. Sedangkan Rosita Umasugi pindah sebagai Wadirbinmas Polda Maluku.

Kemudian Kapolres SBB yang dijabat AKBP Bayu Tanda Butar Bitar akan dimutasi sebagai Wadirintelkam Polda Maluku. Posisi Butar Butar diganti oleh AKBP Dennie Andreas Dharmawan dari Koorspripim Polda Maluku.

Selanjutnya Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Romi Agusriansyah dimutasi sebagai Kabagbinkar RoSDM Polda Maluku. Ia digantikan AKBP Umar Wijaya dari Kasubdit I Ditreskoba Polda Maluku.

Sementara itu, selain 66 Kapolres, terdapat juga mutasi posisi untuk beberapa perwira tinggi (pati) di Mabes Polri maupun penugasan ke lembaga lain.

Satu diantara pati adalah putra asal Maluku yaitu Brigjen Pol Benone Jesaja Louhenapessy. Ia dimutasikan dari Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN) dipindahkan sebagai Pati Baintelkam Polri (Penugasan pada BIN).

Sedangkan di wilayah Polda Maluku Utara. Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada diganti AKBP Andik Purnomo Sigit.

Disusul Kapolres Halmahera Selatan AKBP M Irvan dimutasi sebagai Kabagbinkar RoSDM Polda Malut. Penggantinya, AKBP Herry Purwanto.

Serta Kapolres Kepulauan Sula AKBP Herry Purwanto dirotasi sebagai Kapolres Halmahera Selatan. Posisinya dipercayakan kepada AKBP Cahyo Widyatmoko dari Kabagregident Ditlantas Polda Malut. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.