30 Calon Menwa Unpatti Ikuti Diklatsar di Lantamal IX Ambon

oleh -571 views

sauaramaluku.com – Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Yudha XLVI Bataliyon 01 Pattimura tahun 2022 di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon.

Kegiatan tersebut dibuka di Lantamal IX kawasan Halong Ambon pada 14 Februari 2022 dan akan berlangsung hingga 20 Februari 2022 dengan tema “Membangun Generasi Tangguh Yang Berjiwa Maritim dan Berkarakter Pancasila” seperti dirilis “Hotumese Maju”.

Pembukaan Diklatsar itu, dipimpin oleh Komandan Lantamal IX, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dan dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti Dr Jusuf Madubun MSi serta undangan lainnya dan para pejabat Lantamal.

Dalam arahannya Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mengatakan, melalui latihan dasar ini diharapkan dapat membantuk karakter generasi muda sebagai penerus bangsa yang pantang menyerah, memiliki jiwa bahari dan nasionallisme sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, dari aspek geostrategi bahwa jati diri Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan dua per tiga wilayahnya merupakan lautan, sehingga masa depan bangsa tergantiung pada laut yang merupakan modal dasar pembangunan.

“Hal ini selaras dengan program pemerintah, yakni menjadikan Indonesia sebagai poros martim dunia dimana nilai-nilai wawasan nusantara mendasari aktualisasi pembangunan bangsa dan menempatkan pembangunan kelautan secara proposional dalam tatanan pembangunan secara menyeluruh,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti Dr. J. Madubun MSi mengatakan, Lantamal IX Ambon dipilih menjadi tempat pelaksanaan Diklatsar bagi calon Menwa Unpatti tahun 2022, dengan harapan bisa memahami jati diri sebagai anak bangsa dan Maluku sebagai Provinsi Kepulauan.

Sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, dilaksanakan pelepasan terhadap 30 mahasiswa calon Menwa oleh Dr Madubun bertempat di Asrama Putri Unpatti, yang dihadiri juga ketua tim pelatih Letkol Mar Endik Catur S dan para pelatih, pembina serta Ketua Menwa Unpatti. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.