Pangkalan TNI AU di Maluku Bertambah Satu Berlokasi di Saumlaki Maluku

oleh -587 views

suaramaluku.com – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) di Indonesia bertambah satu lagi. Satuan tersebut adalah Lanud Ignatius Dewanto yang berlokasi di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Kehadiran Lanud baru itu, setelah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan tiga satuan baru pada lingkungan TNI AU di Mabes Cilangkap, Jakarta Timur, seperti dirilis Dispenau, Jumat (14/1/2022).

Tiga satuan tersebut adalah Pusat Latihan (Puslat) Kodiklatau, Pusat Pendidikan (Pusdik) Kodiklatau dan Lanud I.G Dewanto yang terletak di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Sebagai pimpinan Puslat Kodiklatau diangkat Marsma TNI I Nyoman Suadnyana, Pusdik Kodiklatau dikomandoi Marsma TNI Azhar Aditama, dan Komandan Lanud Dewanto Saumlaki yaitu Letkol Pas Yohannes Moses Paulus.

Pada kesempatan itu, KSAU menjelaskan, Puslat Kodiklatau dan Pusdik Kodiklatau memiliki peran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan, serta sumber daya manusia milik TNI AU.

Sehingga hal itu dapat dijadikan jawaban dalam berbagai tantangan tugas ke depan.

Terkait kehadiran Lanud I.G. Dewanto, menurut Marsekal Prasetyo, memiliki tugas penting dalam mewujudkan Satuan TNI terintegrasi di pulau terluar Indonesia.

KSAU berharap, para personel satuan jajaran yang baru diresmikan dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Tak lupa, untuk juga membangun sinergi dan kolaborasi dengan stakeholders terkait.

Rangkaian acara peresmian ini terdiri dari pernyataan peresmian, penyematan tanda jabatan, penyerahan lambang-lambang satuan, dan penandatanganan batu prasasti oleh KSAU.

Dengan kehadiran Lanud Dewanto Saumlaki itu, maka untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara kini sudah ada empat Lanud.

Sebelumnya yaitu Lanud Pattimura di Ambon, Lanud Dumatubun di Langgur Maluku Tenggara dan Lanud Leo Wattimena di Morotai, Maluku Utara. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.