Pariama v DKI, Sahuleka v Kalsel, Lumoly & Tibalemeten v Sumut, Dayung Maluku 3 Nomor ke Final

oleh -2,218 views

suaramaluku.com – Hasil drawing atau undian cabang olahraga (cabor) tinju PON XX Papua sudah dilakukan panitia penyelenggara bertempat di GOR Mandala Jayapura, Senin 4 Oktober 2021.

Dari empat petinju Maluku yang ikut PON, mereka terhindar dari pesaing berat di kelasnya masing’masing pada babak penyisihan.

“Dari hasil undian ini. Syukurlah ada tanda-tanda baik untuk buka peluang ke semifinal. Mohon dukungan dan doa restu masyarakat Maluku,” ungkap Wakil Ketua Pengprov Pertina Maluku, Ongky Nanulaitta dari Jayapura, Senin (4/9/2021).

Petinju Maluku di kelas layang (48 kg – 52 kg), Novi Sahuleka akan bertarung pertama melawan Prasetio dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

Novi terhindar dari petinju yang diunggulkan pada kelas layang yakni Aldoms Suguro dari DKI. Aldoms akan bentrok di babak penyisihan lawan Yosef Murib (Papua).

Setelah itu, petinju Maluku di kelas 52-56 kg Yulius Frando Lumoly akan bertarung melawan petinju Sumatera Utara (Sumut), Abu Sofyan.

Lumoly terhindar dari pertemuan awal melawan petinju nasional pengalaman yang diunggulkan, Julius Bria dari Bali. Bria akan bertemu Roberto Armando (Riau).

Sedangkan di kelas 64-69 kg, petinju Maluku Buce Tibalemetan akan bertarung melawan Sarohatua Lumbantobing dari Sumatera Utara (Sumut).

Di kelas tersebut, petinju tuan rumah Papua Hendrikus Kunil Basik Basik ditantang Grece Savon Simangunsong dari Jawa Barat.

Sementara itu, petinju putri senior Maluku yang merupakan juara PON 2016, Welmy Pariama di kelas 60-64 kg akan diuji kemampuannya oleh petinju DKI, Retno Apris Lestianings.

Di kelas Welmy ini, dua petinju nasional senior dan andalan lainnya yakni Imaculata M. Loda dari NTT sudah bentrok di babak penyisihan lawan Salomina Yerisitouw dari Papua.

Setiap kelas di bagian putra dan putri terdiri dari 8 hingga 9 petinju. Sehibgga ada petinju yang mendapat bye (tidak bertanding penyisihan). Dengan demikian terbuka peluang bila menang di penyisihan langsung ke semifinal dan medali perunggu sudah minimal diperoleh.

Sementara itu, saat drawing cabor tinju, Letjen TNI Jeffry Rahawarin turut hadir memberikan arahan sebagai Ketua Harian PB Pertina kepada panpel tinju maupun para manajer tim tinju.

Selain itu, sebagai Pangkobawilhan III ia menyampaikan kepada para peserta supaya menjunjung sportifitas dan menjaga keamanan juga ketertiban selama pertandingan tinju berlangsung.

TIGA NOMOR DAYUNG KE FINAL

Sementara itu, dari Jayapura dilaporkan pada cabor dayung, tim Maluku pada jenis rowing berhasil meloloskan tiga nomor ke partai final.

Ketiga nomor yang lolos final yaitu oleh Chelsea Corputty pada nomor singel scul LW1X 2000 meter. Di semifinal Chelsea finis di urutan kedua.

Pada nomor dua pedayung La Memo dan Asuhan Pattiha juga lolos ke final di nomor M2X 2000 meter. Pada semifinal keduanya menempati urutan pertama.

Sedang di nomor beregu putri empat pedayung yaitu Chelsea Corputty, Maria Bahy, Arny Pattipeiluhu, Issa Behuku juga berhasil lolos ke final pada nomor W4X. Pada semifinal mereka finis di urutan kedua.

“Chelsea lolos ke final. Tapi karena pengaruh tabrakan perahu kemarin jadi dia finis urutan kedua. Selisih tipis dengan pedayung Jambi,” ungkap Ocep Hattu, paman Chelsea yang menghubunginya dan sampaikan info ke media ini.

Partai final ketiga nomor tersebut akan dilaksanakan pada 7 dan 8 Oktober 2021. Sedangkan pada nomor dan jarak yang lain, atlet dayung Maluku juga akan turun di penyisihan dan semifinal. (novi pinontoan)

No More Posts Available.

No more pages to load.